Category Archives: nasehatku

Jangan Takut untuk “bingung”

Anda adalah manusia yang sangat normal jika anda merasa kebingungan, karena bingung berarti tidak tahu, masih ragu-ragu, kurang yakin, tidak mantap, kurang begitu memahami, masih abu abu, tidak tahu caranya, tidak tahu dan lain lain. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar, sesuatu yang semestinya, dan bahkan memang setiap orang harus “pernah” merasakan kebingungan.

Misalnya saja, anda bingung bagaimana menjadi seseorang yang dewasa. anda akan merasa tidak tahu apa dan bagaimana menjadi seorang yang dewasa?, bingung harus bagaimana dan dimulai sejak kapan? ini semua membutuhkan sebuah proses, dibutuhkan waktu yang tidak spontan. Keragu-raguan atau kebingungan adalah sesuatu yang baik, karena kita akan merasa yakin ketika kita telah merasa mantap pada pilihan kita, terlepas dari pilihan kita tersebut benar atau salah, tetapi ini semua akan melatih kita untuk belajar menentukan pilihan, belajar untuk bertanggungjawab dan belajar menjadi dewasa. Baca lebih lanjut

Iklan
Dengan kaitkata , , , , ,

pengusaha cara beda

semalam di auditorium MM Unigama, ada pengusaha om bob sadino dan bang silmy karim. dan benar benar pengusaha yang berbeda cara pemikirannya dan beribu pengalamannya.

banyak pertanyaan pertanyaan yang sangat antusias dari kurang lebih 500 peserta di auditorium tersebut, termasuk juga pertanyaan saya mengenai, prospek dalam dunia bisnis ke depan yang paling bagus apa om bob. dan seketika itu juga langsung di jawab “ya bisnis yang paling anda sukai dong, kalau anda gak menyukai bisnis anda sendiri, ngapain bikin bisnis, iya gak..?“. gelak tawa langsung membahana di bumi yogyakarta…

bahkan om bob menyarankan, “keluar dari universitas, lihatlah dunia jalanan, anda akan di gembleng dan akan merasakan cacian, marahan, kecewa… itulah pelajaran yang nyata“. sungguh kata kata yang langsung menusuk di dalam hatiku.

bang silmy juga mengatakan bahwa networking tuh benar benar sangat penting, jaga dengan baik hubungan dengan relasi, karena suatu ketika anda pasti membutuhkannya, entah saat ini, besok, atau mungkin bahkan 20 tahun lagi. disaat anda membutuhkannya.

om bob bercerita mengenai banyak pengalamannya dalam dunia bisnis dan bahkan kedekatannya dengan para ‘orang orang pemerintahan dan orang orang berpangkat jenderal’. om bob mengatakan. “saya dekat dengan mereka, tetapi saya gak mau ngambil resiko untuk berbisnis dengan mereka“… 

bang silmi mengatakan bahwa, “apa sih masalah itu…?Baca lebih lanjut

gaza dan manokwari

HAI SAUDARA SAUDARA SEBANGSA DAN SETANAH AIR

ketegangan yang terjadi antara palestina dan israil mengguncang dunia, mulai dari pagi, siang, sore dan malam tak kunjung reda acara TV swasta menyiarkan beritanya, bahkan beberapa TV swasta menyiarkannya menjadi berita HOT NEWS yang ditayangkan setiap 1 jam sekali selama 24 jam.

dan….

berbagai kalangan masyarakat dan mahasiswa yang mengatas namakan demokrasi untuk pancasila, demokrasi kebebasan hak manusia, demokrasi perjuangan kebebasan, demokrasi ras dan agama dan lain lain tumpah ruah di jalan jalan ibu kota, bahkan hampir sebagian di kota kota besar.

bahkan beberapa yang mencoba untuk menggalang dana SEBESAR mungkin untuk menyumbangkan atas nama saudara saudara seagama di Palestina, mencoba untuk ikut berjihat, dan beberapa yang lain turun ke jalan meminta the goverment mendesak PBB dengan dalih dalih kemanusiaan dan keadilan

tetapi….

kita seakan akan melupakan satu hal, 1 minggu kemarin terjadi gempa di Manokwari (4/1) yang para ahli memperkirakan terjadi gempa duplet (double), yakni terjadinya suatu gempa pada suatu tempat dan waktu yang bersamaan, dan pernah terjadi 3 kali di Indonesia setidaknya dalam 4 tahun terakhir

Pakar Gempa dari LIPI, dany Hilman mengatakan bahwa gempa di Manokwari terjadi dua kali yakni pada skala 7,2 dam 7,6 ritcher dan selisihnya 2 jam. gempa semacam ini memiliki potensi kerusakan yang tinggi karena terjadi dua kali dan pusatnya di wilayah dang dangkal.

ada sedikitnya kurang lebih 7orang meninggal dunia dan beberapa puluh orang mengalami luka berat dan terluka ringan, ada 20 rumah yang mengalami kerusakan serta beberapa ratus orang mengungsi di pemukiman (KOMPAS)

ternyata…. Baca lebih lanjut

nilai waktu dari uang

wow,… kok kayaknya ngeri banget judul diatas ya… tapi aku akan mencoba menggambarkan deskripsinya dengan gaya ku sendiri yang mudah dipahami. Yang saat ini terpenting dalam krisis ini adalah bagaimana cara mencari pekerjaan, bukan pensiunan, menabung untuk masa depan juga merupakan hal yang sering terlewatkan. Data riset menunjukkan bahwa Amerika Serikat memiliki tingkat suku bunga yang terendah jika dibandingkan negara negara indurtri maupun negara negara maju lainnya. Rasio antara para pekerja AS dan pensiunannya adalah 17 banding 1 pada tahun 1950, saat ini menjadi 3,2 banding 1 dan kemungkinan akan terus merosot menjadi 2 banding 1 pada tahun 2020.

contoh simpelnya adalah, jika pak Sukirman berpenghasilan Rp.85.000 pensiun di tahun 2008, dan dia berharap untuk hidup selama 20 tahun lagi setelah dia pensiun, dan membutuhkan 80% dari pendapatan sebelum pensiun, dia harus mendapatkan Rp.68.000 selama tahun 2008. Akan tetapi, jika inflasi naik menjadi sebesar 5 persen per tahun, pendapatan yang harus dia dapatkan menjadi Rp.110.765 dalam dalam 10 tahun dan menjadi sebesar Rp.180.442 dalam 20 tahun. Jika inflasi menjadi 7%, pendapatan yang harus dia dapatkan di tahun ke-20 akan menjadi Rp.263.139. Berapa banyak uang yang dibutuhkan Pak Sukirman untuk mempertahankan standart hidupnya dan berapa banyak yang harus dia tabung setiap tahunnya untuk mengumpulkan kekayaan sebesar itu??

nah… bingungkan ulasan dia atas, tenang saja, semakin kebawah akan semakin jelas dan terlihat mengasyikkan. seru pokoknya. berikutnya…

coba sekali lagi ya… contoh yangh lebih simpel. kira kira berapa sih yang bakalan anda terima apabila uang sejumlah Rp.100 diendapkan selama 5 tahun dengan suku bunga sekitar 5%??

pertanyaannya simpel kan… nah jawabannya gini yang malah lebih simpel lagi, yakni..

dia akan memperolah uang sekitar Rp.127 .63… lho… kok bisa dari mana tuh asal muasalnya, pake ilmu dukun kah??? Baca lebih lanjut

untuk ayah

Sepucuk surat dari seorang ayah

____________ _________ _________ _________ _________ _________ ________

Aku tuliskan surat ini atas nama rindu yang besarnya hanya Allah yang tahu. Sebelum kulanjutkan, bacalah surat ini sebagai surat seorang laki-laki kepada seorang laki-laki; surat seorang ayah kepada seorang ayah.

Nak, menjadi ayah itu indah dan mulia. Besar kecemasanku menanti kelahiranmu dulu belum hilang hingga saat ini. Kecemasan yang indah karena ia didasari sebuah cinta. Sebuah cinta yang telah terasakan bahkan ketika yang dicintai belum sekalipun kutemui.

Nak, menjadi ayah itu mulia. Bacalah sejarah Nabi-Nabi dan Rasul dan temukanlah betapa nasehat yang terbaik itu dicatat dari dialog seorang ayah dengan anak-anaknya.

Meskipun demikian, ketahuilah Nak, menjadi ayah itu berat dan sulit. Tapi kuakui, betapa sepanjang masa kehadiranmu di sisiku, aku seperti menemui keberadaanku, makna keberadaanmu, dan makna tugas kebapakanku terhadapmu. Sepanjang masa keberadaanmu adalah salah satu masa terindah dan paling aku banggakan di depan siapapun. Bahkan dihadapan Tuhan, ketika aku duduk berduaan berhadapan dengan Nya, hingga saat usia senja ini.

Nak, saat pertama engkau hadir, kucium dan kupeluk engkau sebagai buah cintaku dan ibumu. Sebagai bukti, bahwa aku dan ibumu tak lagi terpisahkan oleh apapun jua.

Tapi seiring waktu, ketika engkau suatu kali telah mampu berkata: “TIDAK”, Baca lebih lanjut

pengorbanan

melanjutkan pembahasan mengenai menjaga hubungan jarak jauh yang pernah aku tulis… ada satu hal yang terlewatkan dan terlalaikan dari pembahasan tersebut. yakni  mengenai “pengorbanan”…

bukannya aku sombong karena dua kali menjalani hubungan jarak jauh… atau sok alim… atau juga sok keminter (pinter)… aku mencoba untuk berbagi pengalaman mengenai hal tersebut… jujur saja… aku pernah gagal dua kali dalam menghadapai masalah pacaran jarak jauh… dan dua duanya berakhir dengan tidak sesuai dengan rencana… akan tetapi hubungan silaturrahmi masih tetap terjalin lho dengan kedua mantan mantanku…

pengorbanan dalam hal ini bukan berkorban dalam bentuk materi… akan tetapi lebih kepada bentuk perhatian atau pengertian atau pertemuan…. jujur saja… kita seakan akan pacaran dengan layar HP… cuman telp dan SMS atau bahkan berkirim MMS… apakah itu hanya cukup untuk menjaga hubungan tersebut… aku pikir itu semua masih belum bisa maksimal… kejujuran dan saling terbuka adalah salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan dan terlupakan….

dan….. saat ini… aku kembali melakukan hubungan pacaran jarak jauh untuk yang ke tiga kalinya… banyak yang mengatakan aku Baca lebih lanjut

shalat

maaf…. maaf…. dan maaf…

kenapa kata pertamaku adalah “maaf”, karena aku akan membahas mengenai bab agama islam, aku benar benar takut akan khilaf dan salah menulis.

Ya… Allah Ampunilah semua dosa dosaku…. Amin

kembali ke awal… aku beri judul : “siksa meninggalkan shalat”

di dunia.

Allah mengurangi keberkahan umurnya dan tidak akan mempermudah rezekinya serta menghilangkan tanda cahaya sholeh/sholehah di raut wajahnya. ia tidak akan mempunyai tempat di dalam islam. amal perbuatan yang dia lakukan tidak akan mendapatkan pahala dan tidak akan dikabulkan doanya.

di dalam kubur.

Allah menyempitkan dan mengelapkan kuburnya juga menyiksanya sampai hari kiamat.
ketika menghadapi mati. dia akan menghadapi kematian dengan keadaan hina, sangat lapar dan amat haus, walaupun diberi air minum yang sangat banyak.

ketika bertemu Allah.

di hari kiamat ia akan Baca lebih lanjut

bangkit itu…

bangkit itu SUSAH
susah melihat orang lain susah dan senang melihat orang lain senang,

bangkit itu TAKUT
takut korupsi, takut makan yang bukan haknya,

bangkit itu MENCURI
mencuri perhatian dunia dengan prestasi,

bangkit itu MARAHBaca lebih lanjut

pernikahan

manten.jpg

Ya Allah… jadikanlah kebahagiaan pernikahan kami seperti Engkau membahagiakan Muhammad dan Khodijah….. Ya Allah…. jadikanlah anak keturunan kami menjadi anak yang sholeh dan sholehah sebagaimana Engkau menganugerahkan kepada Ibrahim dan Siti Hajar…. Ya Allah… ridhoilah pernikahan kami sebagaimana Engkau meridhoi pernikahan Ali dan Fatimah… Amin