Dunia Sales Engineer

Sales berarti penjual produk

Enginer berarti Teknik

dapat diartikan dengan penjual barang barang teknik, bisa termasuk produk Automotion System, Electrical Engineering, dan macam macam.

Tidak seperti dengan sales yang ada disekitar kita, Sales Engineer lebih fokus pada suatu produk dengan penerapan strategi penjualan ke user (perusahaan), sedangkan sales biasa lebih bersifat penjualan ke mass customer.

Sales Engineer bekerja menawarkan produk dari satu perusahaan ke perusahaan lain, biasanya mereka bertemu dengan User. User disini adalah para Senior Engineer, Project Engineer, Istrument Engineer, Engineering Manager. terkadang juga bisa bertemu dengan bagian Procurement dan Purchasing di perusahaan tersebut.

disinilah letak keahlian dalam komunikasi sebagai seorang Sales Engineer di asah, kehebatan dalam strategi “influence” dan keahlian dalam pengenalan produk yang dia tawarkan.

Sebagai contohnya adalah Sales Engineer untuk Produk Allen Bradley, Drive. Keahlian dalam memaparkan spesifikasi kehebatan Drive motor sebagai inferter dan soft starter suatu motor/servo, bagimana dia menjelaskan gambaran grafik tegangan yang dibutuhkan untuk awal menghidupkan motor/servo dan bagaimana pengaruhnya terhadap sistem plan secara keseluruhan.

contoh lagi adalah ketika dia menjual produk Prosoft, Prolink. Sales Engineer bakal menjelaskan keistimewaan sistem komunikasi secara wireless dari field istrument Pompa / Valve  yang digerakkan oleh suatu PLC dengan sistem dua arah. Penjelasan mengenai profit keuntungan management berbanding dengan kinerja dari produk tersebut sampai dengan sistem warranty.

contoh lagi adalah bagaimana dia menjelaskan produk Panduit, Cable Lug yang mampu bertahan sampai dengan suhu 348 Celcius tetapi masih tetap memiliki kehandalan di hazardous area. Penjelasan juga mengenai Certification NEMA or UL List.

Sales Engineer harus memiliki kemampuan untuk mengenal akan apa yang dia jual, mengenal apa yang dibutuhkan oleh User dan mungkin juga mulai menjelaskan tentang “migration” dari produk Schneider ke produk Rockwell Automotion.

Dengan kaitkata , , , , , , , ,

7 thoughts on “Dunia Sales Engineer

  1. nadiaananda berkata:

    Hidup ane katanya berantakan om ditambah rambut ane,, tapi kalo udah baca artikel kok berubah jadi rapi yaaa.. Hehehe.. 😛

  2. nadiaananda berkata:

    Pass banget nih om kita harus saling berbagi.. Ada yang mau Gorengan?? Ni ane punya’ ni… hehehe.. Biar semangat!!

  3. ratna widiyanti berkata:

    Semangat.. Semangat untuk indonesia dan para blogger semuanya.. Ayo kita menulis dan berbagi.. 🙂

  4. ratna widiyanti berkata:

    Weleh weleh.. Begini ya.. Ketika Orang Berilmu memberikan Ilmunya hanya ada 1 Kalimat “Semoga ilmu itu Berguna Untuk Orang Lain”.. 🙂

  5. siscaamellya berkata:

    Pass banget nih om kita harus saling berbagi.. Ada yang mau Gorengan?? Ni ane punya’ ni… hehehe.. Biar semangat!!

  6. Suma Yudha WS berkata:

    OOOMmmmmm….q jg sales engineer perusahaan POMPA.
    Q fres graduate,di sini bru sebulan,tp ga ada yg training q.q nanya2 ke yg lbih senior tp jwaban e bikin sakit hati….pengen resain,cma cari kerjaan susah.mohon bantuan nya…kiat2 nya biar cpet bisa memahami menjadi sales….makasih buanyak

Tinggalkan komentar