pengusaha cara beda

semalam di auditorium MM Unigama, ada pengusaha om bob sadino dan bang silmy karim. dan benar benar pengusaha yang berbeda cara pemikirannya dan beribu pengalamannya.

banyak pertanyaan pertanyaan yang sangat antusias dari kurang lebih 500 peserta di auditorium tersebut, termasuk juga pertanyaan saya mengenai, prospek dalam dunia bisnis ke depan yang paling bagus apa om bob. dan seketika itu juga langsung di jawab “ya bisnis yang paling anda sukai dong, kalau anda gak menyukai bisnis anda sendiri, ngapain bikin bisnis, iya gak..?“. gelak tawa langsung membahana di bumi yogyakarta…

bahkan om bob menyarankan, “keluar dari universitas, lihatlah dunia jalanan, anda akan di gembleng dan akan merasakan cacian, marahan, kecewa… itulah pelajaran yang nyata“. sungguh kata kata yang langsung menusuk di dalam hatiku.

bang silmy juga mengatakan bahwa networking tuh benar benar sangat penting, jaga dengan baik hubungan dengan relasi, karena suatu ketika anda pasti membutuhkannya, entah saat ini, besok, atau mungkin bahkan 20 tahun lagi. disaat anda membutuhkannya.

om bob bercerita mengenai banyak pengalamannya dalam dunia bisnis dan bahkan kedekatannya dengan para ‘orang orang pemerintahan dan orang orang berpangkat jenderal’. om bob mengatakan. “saya dekat dengan mereka, tetapi saya gak mau ngambil resiko untuk berbisnis dengan mereka“… 

bang silmi mengatakan bahwa, “apa sih masalah itu…?hampir 500 orang binggung untuk menjelaskannya dengan kata kata, kemudian beliau menjelaskan bahwa “masalah itu adalah harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan“..

om bob mengatakan bahwa “jangan berharap terlalu besar dalam dunia bisnis, kerena jika anda terjatuh, anda akan benar benar kecewa. jika anda tidak terlalu berharap, anda tidak akan terlalu kecewa, dan jika anda tidak pernah berharap, berarti anda tidak akan pernah kecewa“…

bang silmi menambahkan bahwa, ketika anda mengharapkan nilai mata kuliah mendapatkan A, sedangkan ternyata anda mendapatkan bilai B+, anda pasti bakalan kecewa, sedangkan saya yang hanya berharap mungkin mendapatkan nilai C, ternyata mendapatkan nilai B, saya pasti akan senang sekali” itulah perbedaan dalam hal “masalah dan harapan“.

banyak yang mengatakan bahwa om bob kemana mana selalu memakai celana pendek, bahkan beliau juga mengutarakan kalau “4 presiden saja gak mempermasalahkan ketika saya berkunjung ke intana negara, saya nyantai nyantai saja kok, bahkan mereka lah yang merasa nyaman dengan celana pendek saya…

perjalanan bisnis bang silmi benar benar menapaki jalan bisnis dari bawah, bukan 5 kali atau bahkan 10 kali mengalami kegagalan, tetapi berpuluh puluh kali mengalami kegagalan, “jadi jangan khawatir, Tuhan itu adil kok

om bob juga mengutarakan. “kegagalan itu adalah pelajaran yang paling berharga yang bahkan tidak dipelajari di universitas, jadi, jangan pernah takut untuk gagal, jika anda takut, berarti anda gak mau dapat pelajaran, dan jika gak mau dapat pelajaran, bagaimana bisa anda menjadi sukses, iya kan…?

5 thoughts on “pengusaha cara beda

  1. arenasimulasi mengatakan:

    Arek Mojokerto, yg mau nggantiin pak Hargo… (jadi dirut MM)
    Udah om Bobnya gendeng, ditambah lagi kamu ngajuin pertanyaan gendeng juga..

    Gerr gerran abis tadi malem pas Talk Show..

  2. indra1082 mengatakan:

    kalau Iklan Jadi begini….
    “Caramu Beda!!”………

  3. tukyman mengatakan:

    sudah lama gak berkunjung, gue bawah ole oleh nih🙂
    siapa tau suka, iseng 2x berhadiah

  4. risma mengatakan:

    saya setuju sekali dengan pemaparan yang anda buat
    tapi saya agak bingung dengan perbedaan “masalah dengan harapan” yang anda tulis
    menurut saya boleh berharap namun tetap stay dengan kemungkinan yang mengecewakan, namun jika hasil yang diharapkan melebihi standart yang ditetapkan kita dapat menganggapnya sebagai “GRACE”
    Hal ini akan mengajarkan kita untuk mensyukuri apa yang telah kita miliki🙂

  5. BlaGaBloGer mengatakan:

    Wahhhhh…. makasih shre nya…
    setuju banget nie ama yang ini
    “kegagalan itu adalah pelajaran yang paling berharga yang bahkan tidak dipelajari di universitas, jadi, jangan pernah takut untuk gagal, jika anda takut, berarti anda gak mau dapat pelajaran, dan jika gak mau dapat pelajaran, bagaimana bisa anda menjadi sukses, iya kan…?“

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: