Monthly Archives: Januari 2009

pengusaha cara beda

semalam di auditorium MM Unigama, ada pengusaha om bob sadino dan bang silmy karim. dan benar benar pengusaha yang berbeda cara pemikirannya dan beribu pengalamannya.

banyak pertanyaan pertanyaan yang sangat antusias dari kurang lebih 500 peserta di auditorium tersebut, termasuk juga pertanyaan saya mengenai, prospek dalam dunia bisnis ke depan yang paling bagus apa om bob. dan seketika itu juga langsung di jawab “ya bisnis yang paling anda sukai dong, kalau anda gak menyukai bisnis anda sendiri, ngapain bikin bisnis, iya gak..?“. gelak tawa langsung membahana di bumi yogyakarta…

bahkan om bob menyarankan, “keluar dari universitas, lihatlah dunia jalanan, anda akan di gembleng dan akan merasakan cacian, marahan, kecewa… itulah pelajaran yang nyata“. sungguh kata kata yang langsung menusuk di dalam hatiku.

bang silmy juga mengatakan bahwa networking tuh benar benar sangat penting, jaga dengan baik hubungan dengan relasi, karena suatu ketika anda pasti membutuhkannya, entah saat ini, besok, atau mungkin bahkan 20 tahun lagi. disaat anda membutuhkannya.

om bob bercerita mengenai banyak pengalamannya dalam dunia bisnis dan bahkan kedekatannya dengan para ‘orang orang pemerintahan dan orang orang berpangkat jenderal’. om bob mengatakan. “saya dekat dengan mereka, tetapi saya gak mau ngambil resiko untuk berbisnis dengan mereka“… 

bang silmi mengatakan bahwa, “apa sih masalah itu…?Baca lebih lanjut

Iklan

teori springger

menurut Springger, manusia dibedakan menjadi 6 tipe, yaitu :

  1. Theoritis 
    • mempunyai orientasi terhadap intellektual, sesuatu yang paling berarti dalam hidupnya adalah pengalaman, pengetahuan, informasi. Kebanyakan yang memiliki tipe ini adalah laki-laki, lebih memilih membeli buku daripada membeli makanan, tidak cocok menjadi seorang tentara, pelayan. dan cocoknya menjadi manajer, filosof, pemikir, decision maker. olah raga yang paling dibenci biasanya catur dan memancing.
  2. Aesthetics
    • memiliki sifat harmonisasi dan bernilai seni yang tinggi, suka bermain golf, kebanyakan tipe ini adalah seorang wanita, menyukai piknik, kerjanya biasanya tidak dituntut disiplin waktu, mempunyai nilai-nilai keindahan. biasanya kalau mencari calon suami memilih yang tampan
  3. Religiousity
    • sinkronitas dengan ajaran Tuhan, mempunyai prinsip tidak menikah karena memilih dengan kedekatan kepada Tuhan, yang paling penting adalah Tuhan menyukai dia
  4. Social
    • in group feeling, mempunyai kenalan yang banyak, hampir semua angkatan kenal, yang paling penting adalah penghargaan, mempunyai pengaruh besar dalam suatu organisasi walaupun dia bukan sebagai ketuanya (pemimpin). olahraga yang paling disukai adalah olah raga team/group seperti sepakbola, futsal, voli, basket
  5. power
    • tipe politis, nilai superioritas, ingin selalu menjadi the best, melebihi dari pada yang lain, kepuasannya ketika bisa mengalahkan orang lain, murah senyum
  6. Economic
    • kekayaan, penguasaan materi, biasanya memilih mencari suami/istri yang kaya raya

nah…  anda masuk tipe yang manakah..?

by : Dr. Wijayanto

mild dan djarum

img_7234

persahabatan kadang melebihi jalinan kasih dua manusia, tak terpisahkan arti logika, hanya teman sejati yang tak kan menghilang, (mild and djarum)

sistem hukum

beberapa syarat sah suatu perjanjian antara lain :

  1. kesepakatan para pihak
  2. kecakapan para pihak
  3. objek tertentu (pasti)
  4. sebab/klausa halal 

untuk syarat no 1 dan no 2 bersifat subjektif dan jika salah satu pihak tidak dapat memenuhi, maka dapat dibatalkan. sedangkan jika syarat no 3 dan no 4 bersifak objektif dan apabila tidak dipenuhi maka dapat dibatalkan demi hukum (otomatis).  

suatu perjanjian bersifat konsensual (lahir karena adanya kesepakatan) walaupun barang masih belum diserahkan dan uang masih belum di bayarkan.

ada 2 jenis hukum yang paling populer yang di anut oleh negara negara di dunia saat ini, yakni :

A. Sistem Hukum Common Law

Negara negara yang menganutsistem hukum ini antara lain : Inggris, bekas jajahan Inggris seperti Malaysia dan Australia. negara Amerika dan bekas jajahannya seperti Singapura dan Filipina.

Sistem hukum tersebut menggunakan sistem hukum “the binding force of precedent” yakni kekuatan mengikat putusan pengadilan yang sudah lampau. contohnya, seseorang pada tahun 2003 telah dijatuhi hukuman 9 tahun dipenjara karena korupsi, kemudian pada tahun 2009 terdapat kasus yang sama (hampir mirip) dengan kasus pada tahun 2003 (kasus korupsi), maka menurut sistem tersebut, putusan pengadilan akan sama dengan putusan pada tahun 2003 yakni hukuman kurang lebih selama 9 tahun

Adanya sistem “juri” (Amerika dan Singapura). jadi putusan hukum juga melibatkan juri (8 sampai 12 orang) yang dipilih secara acak; insinyur, tukang bangunan, tukang listrik, pedagang, pengusaha, karyawan dan lain lain. karena mereka menganut faham bahwa hukum itu dari masyarakat dan untuk masyarakat

Adanya sistem perjanjian “mail box rule” yakni Baca lebih lanjut

gaza dan manokwari

HAI SAUDARA SAUDARA SEBANGSA DAN SETANAH AIR

ketegangan yang terjadi antara palestina dan israil mengguncang dunia, mulai dari pagi, siang, sore dan malam tak kunjung reda acara TV swasta menyiarkan beritanya, bahkan beberapa TV swasta menyiarkannya menjadi berita HOT NEWS yang ditayangkan setiap 1 jam sekali selama 24 jam.

dan….

berbagai kalangan masyarakat dan mahasiswa yang mengatas namakan demokrasi untuk pancasila, demokrasi kebebasan hak manusia, demokrasi perjuangan kebebasan, demokrasi ras dan agama dan lain lain tumpah ruah di jalan jalan ibu kota, bahkan hampir sebagian di kota kota besar.

bahkan beberapa yang mencoba untuk menggalang dana SEBESAR mungkin untuk menyumbangkan atas nama saudara saudara seagama di Palestina, mencoba untuk ikut berjihat, dan beberapa yang lain turun ke jalan meminta the goverment mendesak PBB dengan dalih dalih kemanusiaan dan keadilan

tetapi….

kita seakan akan melupakan satu hal, 1 minggu kemarin terjadi gempa di Manokwari (4/1) yang para ahli memperkirakan terjadi gempa duplet (double), yakni terjadinya suatu gempa pada suatu tempat dan waktu yang bersamaan, dan pernah terjadi 3 kali di Indonesia setidaknya dalam 4 tahun terakhir

Pakar Gempa dari LIPI, dany Hilman mengatakan bahwa gempa di Manokwari terjadi dua kali yakni pada skala 7,2 dam 7,6 ritcher dan selisihnya 2 jam. gempa semacam ini memiliki potensi kerusakan yang tinggi karena terjadi dua kali dan pusatnya di wilayah dang dangkal.

ada sedikitnya kurang lebih 7orang meninggal dunia dan beberapa puluh orang mengalami luka berat dan terluka ringan, ada 20 rumah yang mengalami kerusakan serta beberapa ratus orang mengungsi di pemukiman (KOMPAS)

ternyata…. Baca lebih lanjut

Wulangreh : moral decadence (demoralization)

Corruption, Collusion, and Nepotism or CNN VS Reformation

Wong Bener Thenger-thenger
Wong Salah Malah Bungah-Bungah
Wong Apik ditampik-tampik
Wong Jahat Munggah Pangkat

Yang Berpangkat berkelakuan ganjil binti jahil
Yang baik-baik menjadi terpencil
Karena kebijaksanaan yang tidak adil

Yang nekat mbrekat
Yang ngedan berdandan
Yang bengkok dapat membuat rumah tembok

Maling lungguh
Wetenge mblenduk

( Souerce : PB XII, PMSES Kodya Dati II Solo : 27 February 1998 )

Ing ngarso numpuk bondho
Ing madyo mbangun wismo lan wanito
Tut wuri hanjegali (sliding tackle)

(Prof. Satjipto Raharjo, UNDIP in Pelecehan Ing-Ing-Tut Management by Ki Hadjar Dewantoro)

Ing ngarso sung tulodho = Leaddership
Ing madyo mangun karso = mManagement
Tut wuri handayani = Ultrapreneurship

thanks for Drs. Wakhid Slamet Ciptono, M.B.A., M.P.M.,Ph.D. Cand.

krisis di amerika

di suatu pagi yang cerah, terjadi pembicaraan antara agus dan kreditor perumahan

kreditor perumahan : mau nyewa yang mana pak agus…?
agus : yang itu tuh… yang rumah mewah di rt 5, rw 3, no 10 jalan cinta
kreditor perumahan : wuih… kok kayak lagu dangdut tuh… he he, maaf maaf… oh ya… rumah yang itu tuh pilihan yang tepat untuk anda… cocok banget dengan kepribadian anda…
agus : trus harganya berapa tuh…. mahal gak??
kreditor perumahan : tenang aja pak agus. kami memberikan harga yang relatif kok untuk setiap pelanggan kami,…. emm… kalau yang itu sekitar 350 juta rupiah kontan pak agus… udah termasuk perabotan, TV, kulkas, AC dan lain lain
agus : waduh pak.. saya nih cuman pekerja kantoran yang gajinya gak seberapa trus tabungan di bank udah 2 tahun gak nambah nambah, kemahalan pak. ya udah.. saya cabut dulu ya. banyak urusan nih

kemudian pak agus pun keluar dari kantornya. tetapi kemudian dipanggil lagi oleh kreditor tersebut

kreditor perumahan : sebentar pak…. saya mempunyai penawaran yang menakjubkan
agus : beneran tuh. gimana pak, pokoknya kalau haganya sesuai langsung saya ambil
kreditor perumahan : nah… jangan khawatir pak agus, sesuai apa yang saya bilang, kami juga bisa menawarkan harga dengan sistem kredit
agus : kredit, maksudnya?
kreditor perumahan : dengan uang muka sebesar 100 juta dengan cicilan sebesar 5 juta rupiah tiap bulan selama 5 tahun, atau sekitar 60 kali pembayaran, gimana penawaran saya pak..?
agus : waduh pak… uang muka segitu gimana saya bisa dapat tuh, apalagi cicilannya, trus tiap bulan keluarga saya makan pake apa… ya udah pak saya cabut dulu nih… udah terlambat saya. ada urusan nih

kemudian pak agus pun keluar dari ruangan lagi tetapi di kejar lagi dengan kreditor perumahan

kreditor perumahan : sebentar, sebentar pak… saya mempunyai penawaran yang terakhir dijamin anda pasti tertarik
agus : wah. saya keburu nih, penawarannya kayak gimana tuh
kreditor perumahan : dengan uang muka sebesar 25 juta rupiah saja dan cicilan per bulan sebesar 2 juta rupiah selama 50 tahun, gimana pak
agus : seep… tuh baru penawaran yang mantap… ya udah siapkan berkas berkasnya, saya bayar uang muka dan cicilan pertama sekarang juga

itulah pembicaraan antara pak agus dan kreditor perumahan, tetapi yang jadi masalah adalah pemilik perumahan tersebut membangun perumahan tersebut dengan biaya sekitar 3 Triliun rupiah, dan itu pun dia dapat pinjaman uang dari bank, pas suatu ketika jatuh tempo cara pembayarannya trus gimana tuh… Baca lebih lanjut