Monthly Archives: Desember 2008

nilai waktu dari uang

wow,… kok kayaknya ngeri banget judul diatas ya… tapi aku akan mencoba menggambarkan deskripsinya dengan gaya ku sendiri yang mudah dipahami. Yang saat ini terpenting dalam krisis ini adalah bagaimana cara mencari pekerjaan, bukan pensiunan, menabung untuk masa depan juga merupakan hal yang sering terlewatkan. Data riset menunjukkan bahwa Amerika Serikat memiliki tingkat suku bunga yang terendah jika dibandingkan negara negara indurtri maupun negara negara maju lainnya. Rasio antara para pekerja AS dan pensiunannya adalah 17 banding 1 pada tahun 1950, saat ini menjadi 3,2 banding 1 dan kemungkinan akan terus merosot menjadi 2 banding 1 pada tahun 2020.

contoh simpelnya adalah, jika pak Sukirman berpenghasilan Rp.85.000 pensiun di tahun 2008, dan dia berharap untuk hidup selama 20 tahun lagi setelah dia pensiun, dan membutuhkan 80% dari pendapatan sebelum pensiun, dia harus mendapatkan Rp.68.000 selama tahun 2008. Akan tetapi, jika inflasi naik menjadi sebesar 5 persen per tahun, pendapatan yang harus dia dapatkan menjadi Rp.110.765 dalam dalam 10 tahun dan menjadi sebesar Rp.180.442 dalam 20 tahun. Jika inflasi menjadi 7%, pendapatan yang harus dia dapatkan di tahun ke-20 akan menjadi Rp.263.139. Berapa banyak uang yang dibutuhkan Pak Sukirman untuk mempertahankan standart hidupnya dan berapa banyak yang harus dia tabung setiap tahunnya untuk mengumpulkan kekayaan sebesar itu??

nah… bingungkan ulasan dia atas, tenang saja, semakin kebawah akan semakin jelas dan terlihat mengasyikkan. seru pokoknya. berikutnya…

coba sekali lagi ya… contoh yangh lebih simpel. kira kira berapa sih yang bakalan anda terima apabila uang sejumlah Rp.100 diendapkan selama 5 tahun dengan suku bunga sekitar 5%??

pertanyaannya simpel kan… nah jawabannya gini yang malah lebih simpel lagi, yakni..

dia akan memperolah uang sekitar Rp.127 .63… lho… kok bisa dari mana tuh asal muasalnya, pake ilmu dukun kah??? Baca lebih lanjut

Iklan

uneg unegku

gile… udah sekitar 3 bulan aku gak ngeblog.. eh… gak tahunya tampilan dasbor wordpress udah ganti lagi,… lebih keren malahan… (dasar, kamana aja atuh kang).

ya udah, langsung aja, baru yang pertama ini ada temen kuliah yang nikah, atas nama iwe dan ahm di daerah bantul, yogyakarta, tapi sayangnya aku terlambat 15 menit acara akad nikahnya, yakni saat sang mempelai lelaki berkata, saya terima nikahnya … titik..titik…titik…..

sayang banget kan… tapi ya udah… eh ya… nih aku udah lam banget gak ngetik nih… eh ya, ada yang tahu laptop jenis acer aspire 2930z ukuran 12 inch, kok wifi nya sulit banget yang di indstal, padahal CD driver aslinya udah aku coba untuk instal,, apa gara gara aku pake vista ultimate ya, jadi rada rada kurang compatible… tapi ya udah deh,.. kapan kapan pasti bisa, toh sekarang aku koneksi pake lan di kos.

ngomong ngomong sekarang lagi natal ya.. aku sempat lupa nih… (kemana aja sih), eh ya.. tadi kayak ada acara reunian sekitar 20 anak unigama di pesta pernikahan tadi, banyak banyolan banyolan yang segar dan gosib gosin murahan yang berkualitas, mulai dari yang putus cinta lah, yang baru jadian lah, yang ketrima kerja lah bahkan sampai ada yang baru beli hape baru, semua komplit dibicarakan.

eh ya, .. ngomong ngomong blog ini mau sedikit aku fokuskan untuk membahas berbagai masalah yang berhubungan dengan isi majalah swa, itu tuh.. majalah yang agak agak kurang bermutu (he…he…) tetapi pembahasan disini dengan jalan pikiranku sendiri dengan menyangkutkan berbagai hal, apakah aku setuju dengan maslaha yang ditulis di majalah swa atau malahan membangkang.

selain itu juga, kayaknya sang pangeran silaturrohmi ke rumah rumah dunia maya bakalan kembali lagi nih… biasalah… kan koneksi bisa lagi setelah hampir 6 bulan gak bisa,,, tuh sekarang ada laptop gak bisa hidup tertumpuk di lemari pakaian paling bawah tertindi baju baju bekas (he he he)

udah dulu ya.. nih masih percobaan nulis lho… setelah sekian lama vakum, alhirnya aku bisa berkarya kembali… terima kasih untuk semua komentar yang sempat masuk kesini, maaf maaf maaf aku masih belum bisa berkunjung dan membalas semua komentar kalian, semoga Allah membalas semua kebaikan kalian

udah ah nge gombalnya, sekarang yang penting shalat ashar dulu aja… see you next time….

best regard,

alfaroby