bahasa walikan yogyakarta

“dagadu”, “sahan”, “pisu”, “hongib”, “dosin”, “dogoy”.

mungkin kata kata tersebut sangat asing bagi kita. mendengarnya mungkin bahkan saat membaca tuisan ini, aku sendiri baru sadar beberapa waktu yang lalu, saat itu temenku ngomon, “ntar ya, aku di suruh sahan balik ke rumah…” aku sempet berpikir sahan tuh apaan sih. bahkan yang paling terkenak adalah kata dagadu yang sampai dengan detik ini menjadi imej dari sebuah kaos terkenal di yogyakarta. tetapi tahukah anda bagaimana asal mula kata dagadu….?

ini bermula pada sekitar era tahun 1960 an.. pada saat itu beberapa preman sering membicarakan antar preman dengan kata kata yang di sandikan untuk menghindari dari polisi. gara gara hal tersebut akhirnya merebak sampai dengan saat ini. akan tetapi beberapa anak yogyakarta sendiri terkadang juga tidak mengetahui tentang apa makna dibalik kata tersebut kok.

anda pasti yang asli orang jawa mengenal dengan baik aksara jawa yag sempet kita pelajari waktu duduk di bangku sekolah dulu. yakni :

ha-na-ca-ra-ka

da-ta-sa-wa-la

pa-dha-ja-ya-nya

ma-ga-ba-tha-nga

para preman tersebut mensandikan beberapa kata dengan bahasa walikan dengan rumus sebagai berikut :

baris pertama diganti dengan baris ketiga, begitujuga dengan sebaliknya

baris kedua diganti dengan baris keempat, begitu juga dengan sebaliknya.

bagaimana dengan huruf vokalnya…? huruf vokal tersebut megikuti dengan huruf vokal seperti kata aslinya. contohnya :

da-ga-du = ma-ta-mu

kata “da” =  baris kedua kolom pertama

kata “ga” =  baris keempat kolom ke dua

kata “du” = baris kedua kolom pertama dengan vokal “u”

kata dagadu merupakan sebuah kata bahasa walikan  yang aslinya adalah :

kata “ma” =  baris keempat kolom pertama

kata “ta” =  baris kedua kolom ke dua

kata “mu” = baris keempat kolom pertama dengan vokal “u”

tahukah anda, apa kata kata di atas mengandung pengertian……?

3 thoughts on “bahasa walikan yogyakarta

  1. Mardies mengatakan:

    Baru tahu yang dagadu. Ternyata ada juga yang lainnya.

  2. Mardies mengatakan:

    Lho, ternyata avatarku juga kuwalik😀

  3. alfaroby mengatakan:

    @mardies = wah, kalau avatarnya kuwalik tuh kayaknya dari subjeknya deh…he he he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: