Monthly Archives: Desember 2007

teater UNY “mohabbatein”

semalam, aku dan BAM family menonton acara teater di gedung teater Universitas Yogyakarta, acara tersebut berjudul mohabbatein, a film by Yash Chopra.

aku pernah menonton film aslinya (bollywood) kalau gak salah dulu pas waktu SMA, sekitar tahun 2002 an, film tersebut berkisah tentang realita percintaan anak kampus yang di tentang oleh kepala sekolahnya (rektor mungkin).

dan malam tadi aku melihat sekali lagi film tersebut di tampilkan dalam bentuk teater anak anak mahasiswa UNY Yogyakarta, sungguh menakjubkan dan gaya bahasa yang dipakai adalah gaya bahasa khas anak muda masa kini dengan guyonan guyonan yang unik dan peran beberapa pemain yang penuh keseriusan dan penuh canda tawa.

komentar dari Rizal M fiqry (director teater tersebut) adalah :

“sulit bagi kami, menemukan cerita yang mendukung aspirasi dan kegelisahan kami. meski termasuk intelektual kampus, kami toh lebih sadar pada realitas kecil kami dalam pergaulan sehri-hari, kami belum tertarik pada politik atau realitas sosial yang lebih luas seperti layaknya pertunjukan teater lainnya. inilah wajah kami, wajah teater berbasis kampus yang culun dan kekanak kanakan. tapi ini juga karean kami ingin menjadi dewasa, tapi tidak dengan meniru orang dewasa. maka inilah persembahan dari kami, sebuah daptasi film yang barangkali meleset dari kehendak filmnya. kami hanya ingin meluapkan gelisah dan menghibur kawanan sebaya. terima kasih”

Baca lebih lanjut

Iklan

fakta atau opini, SMS “my hope indonesia”

jujur, sekitar tanggal 10 Desember kemarin aku dapat SMS dari saudaraku yang isinya adalah seperti ini :

“ass, waspadai misi gereja di TV tgl 15 des 07 jam 16.30-17.30. serentak di RCTI, Trans TV, TVRI berjudul MY HOPE INDONESIA diganti menjadi SEBUAH PENANTIAN. di India pernah diputar dengan judul yang sama dan berhasil menghipnotis jutaan penduduknya. sebarkan ke teman teman muslim. jangan sampai kita terlena dengan acara itu”

terus tadi pagi jam 7 an, aku dapat SMS yang sama persis dengan SMS dari teman kuliahku. kemudian aku coba cari cari di internet dan wowwww, menakjubkan, menjadi berita terhangat dan menarik yang sering di baca.

aku heran, dari mana sih berita (fakta/opini) ini menyebar, berapa ya keuntungan operator GSM atau CDMA dari silih berganti SMS menyebar ke sesama penngguna HO, bayangin aja, tiap SMS rata rata 100 – 350, wah wah wah, kaya nih operatornya

Baca lebih lanjut

hari ibu

tanggal 22 desember diperingati sebagai hari ibu. Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta, di gedung yang kemudian dikenal sebagai Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto. Dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Hasil dari kongres tersebut salah satunya adalah membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Organisasi perempuan sendiri sudah ada sejak 1912, diilhami oleh perjuangan para pahlawan wanita abad ke-19 seperti M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain

Presiden Soekarno menetapkan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga kini.

Kini, Hari Ibu di Indonesia diperingati untuk mengungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu, memuji ke-ibu-an para ibu. Berbagai kegiatan pada peringatan itu merupakan kado istimewa, penyuntingan bunga, surprise party bagi para ibu, aneka lomba masak dan berkebaya, atau membebaskan para ibu dari beban kegiatan domestik sehari-hari.

ibu, adalah sosok yang paling berpengaruh dalam keluarga. ibu yang paling mengerti mengenai anak anaknya, ibu yang pertama bahagia ketika melihat anaknya tertawa, ibu yang paling pertama menangis ketika melihat air mata kita, ibu yang pertama membantu kita ketika kita mengalami masalah.

sosok ibu memang sungguh unik, dimana kasih sayang yang berlimpah dan tak kan pernah habis terus menerus mengalir pada tubuh dan batin kita, kasih sayang yang takkan bisa tergantikan dengan harta dan emas yang ada di dunia ini.

makasih ibu, makasih ibu, makasih ibu. 

11 – 12 desember 2007

ku jemput kau disaat ayam masih tertidur lelap.

di saat matahari masih enggan menampakkan diri.

dan bulan mulai membenahi diri untuk pergi

janti…

ku jemput sang bidadari pagi

dengan warna hijau cerah

ku letakkan dengan pelan dan halus

pogung.

kerumunan manusia membuyarkan suasana

lalu lalang asap silih berganti

tertata dengan rapi di pinggir jalan

malioboro

Baca lebih lanjut

“sedoso” orang dicari FBI

jalan jalan di situ FBI (kayak di ilm film itu lho…) eh…. aku nemu daftar 10 (sedoso, jawa) orang yang paling dicari oleh FBI. (maaf gak nampilin foto, serem serem sih)

yang pertama adalah Jorge Alberto Lopez-Orozco. biasanya nih orang pake nama nama yang berbeda beda, terkadang Raul Solario, Raul Solorio, Jorge Orozco-Lopez, Jorge Alberto Orozco-Lopez, “Pepe”. kakak ini lahir di Mexico, 22 April 1976, tua juga ya…, tingginya sekitar 5’7″ dengan berat 175 pounds, rambutnya hitam dan warna mata coklat. kakak ini di cari karena telah membunuh 3 orang di negara Idoho (wah negara mana tuh). 1 wanita dan 2 orang pemuda (ih.. sadis amat sih nih kakak), bayangin aja, kakak ini udah dicar sejak 11 agustus 2002 lho… dan kalau bisa neme nih kakak, dijatah dapet $100.000, wah, bisa bisa kaya mendadak nih (he he he).

yang kedua adalah Jason Derek Brown. mas ini memakai beberapa nama yang biasanya dipake untuk kenalan : Jason D. Brown, Derek Brown, Greg Johnson, Harline Johnson, Greg Harline Johnson, John Brown, Jay Brown. mas ini lahir di California, 1 Juli 1986. tinggi 5’10” dengan berat sekitar 170-180 pounds, rambutnya ikal dan matanya berwarna hijau (keren bo’…). sukanya maen golf, mas ini di buru sejak bulan november 2004 karena menembak dan membunuh penjaga bioskop dan kemudian mencuri uang gedung bioskop (woww…. kaya di film film). barang siapa yang memebrikan informasi mengenai keberadaan mas ini, diberikan imbalan sepantasnya yakni $100.000.

yang ketiga adalah Emigdio Preciado JR. bang dio nih punya nama samaran lho, banyak bangget deh, bisa Emigdio Prceiado, Emigdio Preciado, Junior Preciado, Emigdio Precido, Enigdio Preciado, Enigdio Preciado Jr., Enigdio Preciado, Jr., Emigdio Preciado J R, Emigdio Priciado Jr., “Junior,” Jr. Preciado, “Trigger,” “Spooky,” Spooky Preciado, “Snyper”. bang dio lahir aja pake samaran, ada yang 19 agustus 1968, 19 agustus 1969, september 1969 (keren kan abang ini). lahir di California dengan tinggi 5’5″ dan berat badan 180 pounds. warna rambut coklat dan warna mata coklat juga (serasi nih ye…). pekerja konstruksi. abang ini termasuk sangar abiz, menembak 21 orang di perempatan jalan di California, dan kemudian merampok. imbalannya juga gak tanggung tanggung lho, sekitar Rp. 935 juta rupiah (itu kalau 1 $ nya Rp. 9.350)

Baca lebih lanjut

keluarga mahasiswa mojokerto

Keluarga Mahasiswa Mojokerto (KMM) adalah suatu bentuk badan lembaga yang semua anggotanya mahasiswa Mojokerto yang saat ini berada di Yogyakarta. KMM dilatar belakangi karena kita sama dari satu daerah yakni Mojokerto baik dari  kota  maupun  kabupaten Mojokerto. KMM memiliki tujuan untuk menyebarluaskan seni dan budaya Mojokerto, memberikan informasi pada seluruh SMU/SKM di Mojokerto mengenai universitas universitas yang ada di Yogyakarta. dan sebagai wadah mahasiswa Mojokerto yang berada di Yogyakarta.

KMM didirikan pada tanggal 9 Desember 2007, rapat KMM pertama di selenggarakan di Depok, Parang Tritis dan di hadiri 22 orang mahasiswa/mahasiswi, antaranya mahasiswa Institut Seni Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Atmajaya, Sekolah Tinggi Ilmu Psikologi Yogyakarta. Pondok Pesantren Krapyak.

pemilihan ketua diselenggarakan atas dasar musyawarah mufakat dan setiap calon ketua harus menyampaikan fisi dan misi kepada seluruh anggota, terpilih menjadi ketua yakni Junaidi (ISI Yogyakarta), wakil ketua Rizqy Sultan Alfaroby (UGM), Sekretaris Saiful (UIN Kalijaga), Bendahara Ellam (UNY).

rencana kegiatan ke depan program KMM yang pertama adalah, menyebarluaskan kepada seluruh mahasiswa di Yogyakarta mengenai telah dibentuknya KMM, dan mengadakan pertemuan akbar yang pertama.

rencana yang kedua yakni kunjungan ke SMU/SMK seluruh kota dan kabupaten Mojokerto untuk memberikan informasi mengenai gambaran universitas universitas yang ada di Yogyakarta. mengenai lokasi, jadwal pendaftaran, akreditasi universitas, jurusan dan lain lain.

rencana yang ketiga yakni menyelenggarakan Try Out bekerjasama dengan lembaga bimbingan belajar Primagama di Mojokerto dengan target seluruh siswa dan siswi SMA/SMK kota dan kabupaten Mojokerto.

roudoh (taman)

2 hari aku udah berada di Madinah, dan keseharianku hanya berlalu dengan biasa biasa, akan tetapi dini dari itu aku menemukan sesuatu yang berbeda. tepatnya pukul 3 dini hari Masjid Nabawi baru saja di buka. aku datang ke Masjid Nabawi pukul 3 kurang dan pintu Masjid masih di jaga oleh “askar” (polisi Masjid).

pintu-jibril.jpgyang aku lihat adalah sekelompok orang bergerombol dan saling berdesakan, tua muda, mulai dari jamaah haji India, Turki, Bangladesh sampai dengan jamaah haji Indonesia. semua berkumpul di “Pintu Jibril” (salah satu pintu di Masjid Nabawi). aku melihat sesuatu yang tidak biasa pagi dini hari itu. yang menjadi pertanyaanku adalah mengapa sempai banyak orang yang berkumpul disini ?, apakah telah terjadi suatu kejadian hingga bergerombol orang membentuk suatu barakade? mungkin itu adalah pikiran pendekku

jam picollo ku menunjukkan pukul 3 tepat, pintu Jibril di buka dan orang orang berlari memasuki pintu tersebut dengan berlomba sekencang kencangnya dengan berlari untuk menuju ke dalam Masjid, aku sempat terpana dengan kejadian tersebut, aku kira ini adalah Rumah Allah, bagaimana seseorang yang akan naik haji akan tetapi tidak mengerti hal tersebut, aku pikir semua Masjid adalah Rumah Allah apalagi Masjid ini adalah MAsjid Nabawi (termasuk salah satu dari 3 Masjid yang disunnahkan untuk di kunjungi selain Masjidil Haram Makkah dan Masjidil Aqso Palestina). aku pikir segerombol orang tersebut tidaklah lebih dari 100 orang, sedangkan pagi dini hari itu, aku yakin dengan pikiran yang logis, masih tersisa banyak sekali ruangan untuk di akses dan masih banyak shof yang kosong.

Baca lebih lanjut

australian development scholarships

tujuan utama beasiswa ADS

1. Mengarahkan institusi-institusi negeri dan swasta Indonesia dalam menemukan tujuan institusional dan keperluan pelatihan lewat ketentuan pendidikan pasca sarjana untuk staf yang terseleksi; 2. Mengarahkan perorangan untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk berperan serta bagi institusi di Indonesia dan profesi dengan ketentuan kesempatan pendidikan pasca sarjana di Australia; 3. Mengarahkan para alumni program ADS untuk menjaga dan memperbaharui keahlian akademis dan profesional mereka; 4. Untuk mempromosikan kerjasama Indonesia dan Australia dalam kebijakan pembangunan; 5. Memberikan pelatihan yang dapat mengimbangi konsep tujuan pengembangan sumber daya manusia yang terdapat didalam aturan AusAID di negara Indonesia; dan 6. Untuk menyeleksi kandidat yang berkualitas tinggi dengan kemampuan menyelesaikan program belajar di Australia dengan waktu perpanjangan yang seminim mungkin dan menyumbangkan ilmu bagi pembangunan negara Indonesia.

Universitas universitas yang bekerjasama dengan ADS

Australian National University, University of Sydney, Southern Cross University, University of Melbourne, University of New South Wales, University of Newcastle, Victoria University, Monash University, University of Queensland, University of Southern Queensland, James Cook University, Flinders University, University of Western Australia, Curtin University of Technology, Australian Maritime College, Charles Darwin University, Queensland University of Technology, Central Queensland University, Charles Sturt University, Deakin University, Edith Cowan University, Griffith University, La Trobe University, Macquarie University, Murdoch University, Royal Melbourne Institute of Technology, The University of Adelaide, University of Ballarat, University of New England, University of South Australia, University of Tasmania, University of the Sunshine Coast, University of Western Sydney, University of Wollongong, Bond University, The University of Notre Dame University

bidang study akademik

agribusiness; agriculture; aquaculture and fisheries; audit; civil society; computer science and information technology / information management; conflict resolution; decentralization; development studies; economics and economic management; education and training; education management and leadership; engineering; environmental resource management; financial systems; gender equity; governance; health management; health services; human resource development; human resource management; human rights; industrial development; industrial relations; international relations; international studies; international trade ; labour policy ; law, legal and judicial systems; media studies; peace studies; political science and government; public administration; public sector reform; regional and community planning and development; science; tax reform; teacher training; trade and development; water quality management; women in development.

Baca lebih lanjut

tata tertib kerja perusahaan

K E P U T U S A N
DIREKTORAT JENDRAL DEPARTEMEN TENAGA KERJA
KEP. NO. 007/I-07/JAMES/ BOND


T E N T A N G

TATA TERTIB KERJA PERUSAHAAN
(BERLAKU SEGERA PER 1 DESEMBER 2007)

PAKAIAN KERJA
Anda disarankan berpakaian sesuai gaji yang anda terima. Bila kami melihat anda berpakaian mewah, membawa tas Perancis seharga 2 juta atau sepatu Italia senilai 3 juta, maka kami anggap anda hidup berkecukupan dengan gaji anda dan karenanya tidak akan ada kenaikan gaji sampai anda terlihat melarat lagi.

IJIN SAKIT
Kami tidak menerima lagi surat keterangan sakit dari dokter sebagai bukti bahwa anda sakit. Kalau anda mampu mengunjungi dokter, kami nilai anda juga mampu bekerja.

Baca lebih lanjut