anda melakukan kesalahan di tempat kerja…?

mungkin bekerja pada suatu kantor atau perusahaan adalah beberapa hal yang menjadi cita cita bagi kebanyakan orang, terkadang kita berangan angan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan kita, memperoleh fasilitas yang berkecukupan dan gaji pokok yang lumayan untuk menghidupi kebutuhan rumah tangga serta ada beberapa rupiah yang bisa ditabungkan di bank.

aku sadar sekali, banyak diantara kita yang terkadang baik disengaja maupun tidak disengaja pernah melakukan kesalahan di tempat kerja. entah itu salah pengetikan nominal jumlah saldo, salah pengetikan nama klien, datang terlambat masuk kantor, kerjaan yang menumpuk dan tidak selesai tepat pada waktunya, atau tidak bagus dalam mempresentasikan hasil kerja, bahkan ekstrimnya mungkin menggagalkan suatu proyek senilai ratusan juta rupiah.

aku jalan jalan di sebuah situs, dan menemukan beberapa tips yang bagus. bagaimana jika kita melakukan kesalahan di tempat kerja. bagaimana kita mensikapi hal tersebut ada beberapa hal yang penting harus kita lakukan diantaranya :

pertama. ketika masalah itu muncul, mulailah mencari inti dari permasalahan tersebut, siapa yang terkena imbas dari masalah yang anda timbulkan dan dampak apa yang terjadi dari masalah yang anda timbulkan serta kira kira siapa yang dapat menyelesaikan masalah yang telah anda lakukan.

kedua. sadarilah kesalahan tersebut dan mulailah untuk mencari solusi atas permasalahan yang telah anda timbulkan, jangan mudah untuk putus asa atas segala kesalahan yang telah anda lakukan, ketahuilah bahwa setiap orang pernah melakukan kesalahan, dan kesalahan adalah guru terbaik bagi kita untuk menjadi seseorang yang sukses.

ketiga. beritahukan kesalahan yang terjadi pada atasan anda secepat mungkin setelah anda meyadarinya. jelaskan situasi serta kesalahan tersebut langsung secara pribadi. jangan pernah anda menyembunyikan kesalahan yang anda sendiri menyadarinya, pura pura tidak tahu menahu, atau bahkan cuek.

keempat. anda pasti timbul keinginan untuk menyalahkan kesalahan pada orang lain, tapi sebisa mungkin jangan menyalahkan orang lain sebelum anda benar benar tahu duduk permasalahannya dan siapa yang bertanggung jawab terhadap semua ini. karena bisa bisa nama anda akan tercoreng dan anda bisa juga dituduh mencari kambing hitam atas kesalahan yang telah anda lakukan, bahkan anda bisa juga di vonis sebagai seseorang yang tidak bertanggung jawab

kelima. persiapkan diri anda untuk meminta maaf atas segala kesalahan yang telah anda lakukan. perlihatkan pada atasan anda bahwa anda sadar akan kesalahan anda dan berjanji tidak akan melakukan kesalahan untuk yang mengulanginya.

keenam. usahakan dengan keras untuk memenuhi janji untuk tidak mengulangi kesalahan untuk yang keduakalinya.

ketujuh. berdoalah agar permasalahan yang anda timbulkan bisa terselesaikan dengan baik dan tidak berkepanjangan, berdoalah agar masalah yang anda timbulkan bukan menjadikan anda sebagai seseorang yang pulang paling pagi dari kantor tempat anda bekerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: