Aroma Spiritual Suralaya

Pada suatu ketika, di masa awal Mataram, Raden Mas Rangsang mendapatkan wangsit, ilham, untuk menjadi penguasa di tanah jawa dengan berjalan ke arah barat, ke arah perbukitan Menoreh. Saat itu ibu kota Kerajaan Mataram berada di Kotagede. Saat melewati pegunungan itu, ia pingsan. Dalam pingsannya ia merasa mendapatkan perintah untuk bersemedi di tempat itu.

Sang Raden Mas itu memang kemudian menjadi Sultan Agung Hanyakrakusuma, Raja besar Mataram, begitu dikisahkan dalam kitab “Cebolek”, karya R. Ng, Yasadipura, pujangga Kasunanan Surakarta di abad 18. Tempat semadi di puncak perbukitan di kawasan perbatasan D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan ketinggian 1017 meter di atas permukaan laut itu bernama Suralaya.

Namun ketinggian itu rupanya tak hanya memboroskan kemanjaan mata pada keindahan pemandangan alam disekelilingnya, disana ternyata juga ada bau spiritual. Aroma itu menciptakan kedekatan hati dengan sang Pencipta dalam frame pemikiran filosofi Jawa. Bahwa kedekatan itulah yang membangun kesadaran untuk ikhlas menghadap Yang Maha Kuasa.

Nuansa spiritual Jawa mencapai puncak keagungannya pada saat peringatan 1 Suro, tahun baru dalam sistim kalender tradisional Jawa. Peringatan 1 Suro ini ditandai dengan upacara tradisi memandikan dua pusaka kraton Kasultanan Yogyakarta; tombak K. Manggala Murti dan payung K. Manggala Dewa. Pada konteks kekinian, kebesaran Tuhan dalam kecantikan alami Suralaya ini adalah sebuah anugrah luar biasa bagi mereka para pemburu ketentraman hati

referensi: Exploring Jogja volume: 02/2009

foto dari andthobeckha.blogspot.com dan visitingjogja.com

Dengan kaitkata , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

29 thoughts on “Aroma Spiritual Suralaya

  1. diazhandsome mengatakan:

    wuih kereenn… tapi gak jadi penguasa jawa dong ya? kasian deh lo… haha

    • alfaroby mengatakan:

      hehehehe,.,, kan walaupun gak jadi penguasa jawa, tetapi ada salah satu kerajaan yang sempat menghebohkan Nusantara, dengan patihnya yang gagah perkasa, patih gadjah mada di kerajaan Majapahit

  2. zulhaq mengatakan:

    suatu tempat yang sangaat rame pada malam 1 suro tuh
    dulu waktu di solo suka liat orang2 berkerumunan di tempat2 tertentu

    • alfaroby mengatakan:

      yap, benar banget, pada malam 1 suro dipenuhi oleh para pedagang kaki lima, bahkan terkadang juga dijadikan pasar malam, selain itu yang tidak kalah menariknya adalah banyak beberapa orang yang menganut aliran terntentu, datang untuk “mengsucikan” pusaka atau barang barang antik lainnya.

  3. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    suralaya, petilasan sultan agung anyokrokusumo, agaknya menarik juga utk dikunjungi nih, mas faroby. saya jadi malu, sebagai wong jawa, sekali pun saya belum pernah ke sana, haks. analisis mas faroby manteb tenan.

    • alfaroby mengatakan:

      hehehehe, saya juga pengen kesana lagi, apalahi kalau pas 1 suro, seru banget kayaknya, bukan berarti orang jawa mesti harus kesana, paling tidak, warisan budaya tetap kita pegang dan kita lestarikan… terima kasih atas pujiannya om…

  4. KangBoed mengatakan:

    kelimaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaxxxxxxxxxxzzzzzzzzz

  5. KangBoed mengatakan:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fulllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

  6. skydrugz mengatakan:

    sepertinya bagus untuk dikunjungi. Hijau…

  7. adiewicaksono mengatakan:

    hmmm… artikel yang menarik.. lanjutkan menulis..

  8. Rigih mengatakan:

    wedew, jadi pengen bangun rumah di situ kang. beneran deh, dah bosen neeh menghirup asap knalpot dan aura negatif di jakarta…

  9. Rigih mengatakan:

    kang,tukeran link dlu yukz.biar ga lupa untuk saling mengunjungi. udah mejeng tuh di blogroll

  10. komuter mengatakan:

    butuh tempat yang sepi memang untuk melakukan tafakur agar konsentrasi tidak terganggu………

  11. aji mengatakan:

    aji ingin berkunjung ke tempat-tempat seperti ini, tenang

  12. sobatsehat mengatakan:

    kapan bisa kesana ya, mas postingannya selalu tempat wisata yah. pingin kesananaaaaaaaaaa

  13. ricky mengatakan:

    Assalamualaikum numpang baca baca untuk menambah ilmu bro, klw bisa ditunggu kunjungan balik nya yuaahhh

  14. Dangstars mengatakan:

    pertamaaaaaaaaaxxxxx

  15. andtho mengatakan:

    terima kasih dah di cantumkan fotonya…. salam kenal bung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: