2 tahun masa silam terbentuknya Keluarga Mahasiswa Mojokerto (KMM) di Yogyakarta

Minggu, 9 Desember 2007, bertempat di depok (3 km sebelah selatan Parang Tritis), acara yang dimulai pukul 12 siang itu dihadiri oleh mahasiswa mulai dari angkatan 2002 sampai dengan angkatan 2007. mayoritas dari berbagai Universitas-Universitas yang ada di Yogyakarta, seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Kalijaga, Universitas Islam Indonesia, Institut Seni Indonesia, Universitas Atmajaya, Universitas Ahmad Dahlan dan pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta.

Dilatar belakangi oleh asal daerah yang sama, yakni Mojokerto, baik Kota maupun Kabupaten, sekitar 22 orang berkumpul untuk membicarakan sebuah gerakan, sebuah komunitas, dan sebuah wadah yang bertujuan untuk menyebarluaskan seni dan budaya Mojokerto, memberikan informasi kepada seluruh SMA se Mojokerto mengenai universitas yang ada di Yogyakarta dan sebagai wadah paguyupan mahasiswa Mojokerto yang kuliah di Yogyakarta.

Pembicaraan cukup seru mengenai nama dari perkumpulan ini, sempat terdapat nama nama yang menarik dan terjadi saling adu argumentasi, dan akhirnya di sepakati nama perkumpulan ini dengan nama KELUARGA MAHASISWA MOJOKERTO yang disingkat dengan KMM.

Sejak 2 tahun yang lalu, saat ini KMM terus berkarya dan terus mengepakkan sayapnya sebagai suatu lembaga dengan tujuan menyebarluaskan seni dan budaya Mojokerto, memberikan informasi pada seluruh SMU/SKM di Mojokerto mengenai universitas universitas yang ada di Yogyakarta. dan sebagai wadah mahasiswa Mojokerto yang berada di Yogyakarta.

Sampai dengan saat ini (2009), jumlah anggota KMM sudah lebih dari 135 orang, baik yang tersebar di perguruan tinggi negeri maupun swasta si Yogyakarta. Setiap bulannya, kita selalu mengadakan perkumpulan untuk membicarakan mengenai bagaimana kita menyebarluaskan seni dan budaya Mojokerto, bagaimana kita ikut mendukung dalam dunia pendidikan di Mojokerto.

sejak dua tahun dibentuk, KMM sudah mengadakan banyak kegiatan, diantaranya adalah:

  • Setiap tahun mengadakan acara Try Out dan sudah dua kali mengadakan acara try out UNAS SMA se Mojokerto dengan jumlah peserta 250 siswa (2008) dan jumlah peserta 400 orang (2009)
  • Satu kali mengadakan acara Halal bi halal Seluruh mahasiswa Mojokerto se Nusantara bertempat di Balai Kabupaten Mojokerto dengan jumlah kehadiran sekitar 350 orang dari seluruh mahasiswa Mojokerto yang kuliah di Seluruh Nusantara (2008) diantaranya dari Universitas-universits di Kota Surabaya, Malang, Jember, Jakarta, Medan, Bali, Bandung, Semarang, Solo, Medan, Kalimantan dan lain lain.
  • 2 kali mengadakan acara buka bersama mahasiswa Mojokerto di Yogyakarta.
  • 2 kali mengadakan Rapat Umum restrukturisasi organisasi untuk pemilihan Ketua organisasi
  • Satu kali mengadakan acara Karya Ilmiah remaja (2009), diikuti oleh 30 tim peserta (1 tim terdiri dari 3 siswa) dari seluruh SMA/SMK di Mojokerto. 3 pemenang lomba di ajak ke Yogyakarta untuk melihat Universitas-universitas di antaranya UGM, UNY, ISI Yogyakarta, dan beberapa universitas lainnya, peserta tidak di pungut biaya sepeserpun (gratis)
  • Beberapa kali mengundang pembicara untuk memberikan penajaman dan pengetahuan dalam hal organisasi diantaranya adalah pernah mengundang pembicara Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
  • Dan beberapa kegiatan-kegiatan yang lainnya

Saat ini, KMM terus mencoba untuk berkarya dan terus melaksanakan misi kebudayaan dan pendidikan lebih khususnya di Mojokerto. Organisasi ini masih jauh dari kesempurnaan, tetapi harapan kami adalah bahwa organisasi ini akan terus berjuang dan terus berdiri dengan kokoh sebagai wadah keluarga yang nantinya bisa dijadikan sarana pembelajaran dalam berbagai hal apapun.

Dengan kaitkata , , ,

8 thoughts on “2 tahun masa silam terbentuknya Keluarga Mahasiswa Mojokerto (KMM) di Yogyakarta

  1. Deni mengatakan:

    Selamat berjuang…
    Nikmati masa mahasuswamu…
    Semoga sukses…

  2. AeArc mengatakan:

    selamat ya!

  3. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    wah, sebuah komunitas yang insyaallah akan banyak manfaatknya utk kepentingan dunia kebudayaan dan pendidikan, mas faroby. semoga makin banyak kaum muda mahasiswa yang mau terlibat dan aktif dalam organisasi dan komunitas semacam ini.

    • alfaroby mengatakan:

      terima kasih pak..
      semoga dengan adanya komunitas seperti ini bisa dijadikan sebagai ajang untuk bersosialisasi dan lebih mencerdaskan kehidupan bangsa

  4. po3r mengatakan:

    saya mau nanya neh..
    ada punya daftar smu/smk se mojokerto nggak ya..
    kalo ada kirim donk ke sini
    strike_set@yahoo.com

    makasih banyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: