Pithecanthropus Mojokertensis

Pithecanthropus Mojokertensis itu artinya manusia kera dari Mojokerto.

Itu sebenarnya cuma salah satu jenis dari phitecanthropus yang ditemukan Ralph von Koeningswald di Mojokerto tahun 1936 dalam rupa fosil anak- anak. Disebut juga Pithecanthropus Robustus.

Pithecanthropus secara tipologi berada pada lapisan Pucangan dan Kabuh. Umurnya diperkirakan 30.000- 2 juta tahun.

Ciri- ciri pithecanthropus:

  1. Tinggi: 165- 180
  2. Badan tegap, tidak setegap Meganthropus
  3. Otot kunyah tidak sekuat Meganthropus
  4. Hidung lebar dan tonjolan di kening melintang sepanjang pelipis
  5. Tidak berdagu
  6. Makanannya tumbuhan dan hewan hasil buruan

di sadur dari sini dan sini

Iklan

80 thoughts on “Pithecanthropus Mojokertensis

  1. dea berkata:

    tolong donk d tampilkan siapa penemunya………

    lg butuh nihh…………

  2. dea berkata:

    alhamdulillah ternyata sudah ada…………

    trims bwt yg nls……….

  3. grace berkata:

    agus agus buatin artikelnya dunk!!!

  4. Fransiskus berkata:

    koq brapa volume otaknya gak di tulis

  5. Fransiskus berkata:

    q jadi bingung nich

  6. teathiz berkata:

    kurang lngkap tuh,,,, ak mlah bngng ngrjain tgaz’a gmna

    • alfaroby berkata:

      maaf,,, mungikin data yang saya masukkan kurang lengkap, tetapi saya mencoba untuk berbagi informasi mengenai bagaimana kehidupan masa lamau dan menjadikannya sebagai sebuah informasi yang berharga

  7. kamilah berkata:

    oh ngak pa2 aku juga baru tahu tentang masa lamau

  8. hani berkata:

    mav akku lge ada pe.er 30 manusia purba di dunia serta tempat dan nama penemunya :(( bantuin donk ~

  9. Agil berkata:

    hadoooh….
    tolong mas… Aku lg butuh banget info tentang phitecanthropus mojokertensis…
    aku lg da tugas…
    mas.. tolong cari yang lengkap ya?
    aku gaptek, jd ga bisa nyari ndiri…
    makasih…

  10. deysi berkata:

    TOLONG buatin makalahnya dong….
    soalx lagi butuh nih..!!!

  11. shinta berkata:

    lumayan bagus sih artikelnya…
    thx y….

  12. farid berkata:

    klo bisa sekalian dilapisan mana manusia purba ini ditemukan yah mas…hehe
    hidup Djamsa….=D

  13. yusie berkata:

    maaf,,gambar tengkoraknya homo mojokertensis apakah sperti itu???
    n kalo boleh beri pengrtian sedikit,,kalo ga’ salah volume otak homo mojokertensis tu adlh 1300cc..
    maaf dh ngerepotin..^_^

  14. desy berkata:

    tolong dong,bwt Cp aza yg taw cr2 manusia pithecantropus,kasih taw q dong,ge butuh banget nih,,,,,
    apalagi cr2 pithecantropusnya

  15. nandia berkata:

    duh,,,,,,,, ada yang lebih lengkap lagi ga?? soalnya ga nemu2….

  16. nandia berkata:

    ga ada yang lebih lengkap ya…..???

  17. MicyzLko5 berkata:

    Brilliant site, exactly where did you obtain the layout?

  18. affiliate berkata:

    Terimakasih infonya, artikel di situs ini memberi saya informasi yang bermfaat, keep posting ya …

  19. yundi berkata:

    Akhirnya Gw dapet
    Mkasih ya!!!!!!!!!!!!

    Infonya yng brmanfaat

  20. duh..
    Volume otak nya koq gk ada…
    tolong dong..
    lgi guna nih.. πŸ™‚

  21. Reyhan berkata:

    terima kasih atas info nya. saya bisa ngerjain pr jadinya…hehehe..:)

  22. David berkata:

    iwaw… lumayan lengkap… di buku saya ngga ada semua… adanya malahan di internet…
    wkwkwkwkwkwk…
    thx vo D like..

  23. David berkata:

    bagi yang menanyakan volum tengkorak, volumenya 900 cc..

  24. hanif berkata:

    tolong dong supaya ada pithecanthropus robstus. lagi butuh

  25. muhammad renaldy baskara berkata:

    tolong minta gmbar nya donk…
    lagii butuh nih….

  26. nadya berkata:

    huuhh… biingguuungg!!

  27. Aisy... berkata:

    Alhamdulillah.. trnyata ktmu..! bagus lh! πŸ™‚

  28. erlin berkata:

    ada nggk yg lbh lngkp..???

  29. rania berkata:

    Pithecanthtopus Mojokertensis
    sitemukan oleh G.H.R Von Koningswald
    di Perning, Mojokerto …

    1300 cc . otak manusia purba ,,
    klo manusia berapa yh ??

  30. gardena berkata:

    _woooooowwwwwwwwww………….
    steal yhaw gmbar nya…..???????
    sma gc yhaw cma periode masa kini……………
    ^_^ wah wah wah………………….

  31. secret berkata:

    Siapa penemunya ???

    Kapan Tahunnya ???

    Hasil Kebudayaannya ??

    DASAR KALO MEMBERI KETERANGAN ITU YG LENGKAP DUNK…………..

  32. baskoro berkata:

    kata guru saya pithecanthropus mojokertensis tu punya dagu! kalau nggak punya dagu,
    MANUSIA APAAN TUH ??????????

  33. cahya berkata:

    hemm,,,,,
    q btuh fto nya.. ada??

  34. nasya berkata:

    hu, gk lgkap lh.

  35. Ardan Macho berkata:

    Wah kok kurang lengkap sih sedikit banget

  36. talitha berkata:

    tolong penjelasan nya lebih lengkap

  37. Wafa Nafila berkata:

    Maaf saya mau tanya,Ciri2 Pithecanthropus mojokertensis dan Pithecanthropus Erectus apa ya??
    di tunggu jawabannya ya..saya butuh bgt nih…lagi ada tugas…
    makasih…

  38. nandita putri berkata:

    eh koq,,, artikelnya cuma sedikit sih,,,
    q kan butuhnya banyak karna q maw buat kliping,,,

  39. septi berkata:

    tlonk donk ciri2 picthecantropus mojokertoensis …sekaranG..soalny bsk dh dkmplkn tgsny

  40. Xav1ola berkata:

    mm kurang lengkap nieh :p

  41. andika berkata:

    bang sma ya robustus ama mojoketensis

  42. KHALIQ berkata:

    coba tampilin gambar manusianya

    tolong yach

    BLS

  43. Pahda berkata:

    mohon info dong tentang homo mojokertensis seperti kehidupan,kebudayaan dan ciri” nya,besok harus diserahkn kpd ibu guru,mhon bantuan nya ya..

  44. Poetz berkata:

    Dkit bgt ciri2.a,, banyakin donk

  45. ekha putry setiady' berkata:

    ini sangat berguna..

  46. Lukman berkata:

    bang tolong cariin lagi donk

    yg lain

  47. Lukman :) berkata:

    tolong cariin lagi donk
    yg lain
    ada tugas ni!!

  48. riski berkata:

    gaada tentang kisahnya?? butuh bat dah..

  49. Mounthaz berkata:

    penemunya siapa . . . ?

  50. basosisesoo berkata:

    yyeeecchh,,,, dapat ciri_ciri manusia pithecanthropus .

    makasihh ^_^

  51. zaaakiiie berkata:

    maap, gambarnya boleh yang lain ga? maksih πŸ™‚

  52. Zaki Fawaz Syah berkata:

    tahun berapa /dan bulan apa ditemukanya ,,mojokertenis,,,,,,,,?????

  53. Ida Ayu berkata:

    selain Ralph von Koeningswald ada lagi gak sih penemunya? makasih sebelumnya:D

  54. ga ada,tinggkat kecerdasannya

  55. rafli al azhaar berkata:

    wkwkwkwkwkwkwkwkwk orgnya pintar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: