sustainable development

Sustainable development dapat diartikan sebagai pembangunan berkelanjutan. Menurut Bappeda, sustainable development di definisikan dengan pembangunan yang ditunjukkan untuk memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa mengorbankan kemampuan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Pada masyarakat kita yang mengglobal secara cepat, ada sebuah aspirasi bersifat universal untuk standar kehidupan yang lebih baik. Orang menginginkan dan memerlukan tempat yang baik untuk bekerja, perumahan yang memadai, sekolah yang lebih baik bagi anak mereka, sarana jalan yang lebih aman dan efisien dalam bepergian, komunikasi yang handal, pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia, perekonomian yang lebih baik, sistem pemerintahan yang bijak  dan masih banyak lagi yang lain.

Masyarakat dunia harus mengubah pola pikir agar supaya sumber daya dan bumi ini masih tetap lestari bagi masyarakat dunia di masa depan seperti halnya pada hari ini. Pembangunan yang berkelanjutan di definisikan oleh PBB sebagai “memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengesampingkan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi  kebutuhannya.

“tidak ada solusi sederhana, hanya ada pilihan yang cerdas”. Pernyataan ini menjadi semakin benar pada hari ini. Masalah-masalah yang kita hadapi menjadi semakin komplek dan sulit, membutuhkan pengambilan keputusan dengan berdasarkan fakta dan data serta memberi manfaat berdasarkan perspektif dari berbagai pihak yang terkait.

Tantangan bagi pembangunan yang berkelanjutan, bagi kita semua, mungkin sekali akan menjadi lebih sulit dari apa yang telah kita hadapi di masa-masa yang lalu. Tetapi hal tersebut adalah tantangan yang harus kita hadapi. Kita berhutang kepada anak anak kita, cucu-cucu kita dan generasi mendatang untuk mengerahkan kreativitas, pengalaman dan posisi kepemimpinan kita untuk bekerja demi kebaikan planet kita bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: