Quality Management

Dalam Quality Management, ada 2 Quality, yaitu Little q dan Biq Q. di dalam little q, berorientasi pada hasil, manager dan pekerja hanya satu arah, dan menganut prinsip high quality means high cost. Sedangkan pada Biq Q, lebih memntingkan proses daripada hasil, manager (leadership and entrepreneurship) dan menganut prinsip double whammy effect of quality. Di dalam Al Quran, terdapat beberapa ayat yang merujuk pada Quality manajemen Biq Q, diantaranya adalah :

Surat An Nisa’ ayat 59 :

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul(Nya), dan ulil amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Dalam surat An Nisa’ ayat 59 diatas dapat ditafsirkan bahwa kita harus mentaati seorang pemimpin (ulil amri). Seorang pemimpin disini ditafsirkan sebagai seseorang yeng bijaksana, adil dan jujur dalam memimpin (leadership). Seorang pemimpin juga adalah seorang manusia yang tidak luput dari lupa dan kesalahan, tetapi bukan berarti pemimpin tersebut dikatakan tidak baik. Jika berlainan pendapat sebaiknya di ingatkan dan dilakukan musyawah seperti dalam surat di bawah ini.

Surat An Naml ayat 32 :

berkata dia (balqis) : “Hai para pembesar berilah aku pertimbangan dalam urusanku (ini) aku tidak pernah memutuskan sesuatu persoalan sebelum kamu berada di majelis(ku)”

Di dalam surat An Naml ayat 32 menjelaskan bahwa dalam proses pengambilan suatu keputusan, tidak semena-mena di dasarkan atas kepentingan individu (kepenting perorangan), tetapi lebih pada kepentingan kelompok, di dalam sistem ini berarti adanya musyawarah untuk mencapai mufakat, adanya beberapa saran dan masukan yang dapat memperkuat keputusan yang akan diambil.

Seorang leadership (pemimpin) yang baik tidak akan berbuat semena-mena, lmementingkan kepentingan sendiri di atas kepentingan kelompok. Seorang pemimpin adalah menjadi suri taulan (panutan) bagi orang yang dipimpinnya, oleh karena itu maka seorang pemimpin dalam mengambil keputusan akan melalui beberapa pertimbangan-pertimbangan seperti pada ayat dibawah ini.

Surat An Naml ayat 33 :

Mereka menjawab : “kita adalah orang-orang yang memiliki kekuatan dan (juga) memiliki keberanian yang sangat (dalam peperangan), dan keputusan berada ditanganmu : maka pertimbangkanlah apa yang akan kamu perintahkan”.

Pertimbangan dalam ayat di atas berarti keputusan yang akan diambil terlebih dahulu di putuskan dengan cermat dan bijaksana. Keputusan yang baik adalah keputusan yang telah dipertimbangkan dengan matang dari segala aspek (sisi), sehingga keputusan dapat diterima oleh semua kelompok.

Kiat semua sudah mengetahui bahwa proses adalah sesuatu yang penting. Tanpa adanya proses tidak mungkin aka nada hasil. Namun, kitapun seharusnya tidak pula hipokrit bahwa proses diadakan karena menginginkan sebuah hasil. Tidak mungkin sebuah proses diadakan jika tidak bertujuan untuk membuahkan hasil

Surat Al Hajj ayat 22 :

Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang orang yang berbuat baik.

Dalam surat Al Hajj ayat 32 diatas dapat ditafsirkan bahwa bukan hasil yang penting, tetapi proses. Daging-daging korban melambangkan hasil, sementara ketaqwaan melambangkan proses. Hasil dalam hal ini bukanlah segala-galanya, hasil yang baik didapatkan karena berproses dengan baik, begitu pula dengan sebaliknya, proses yang buruk akan mendapatkan hasil yang buruk.

One thought on “Quality Management

  1. […] sadur dari website ini Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. Filed under Management and […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: