krisis di amerika

di suatu pagi yang cerah, terjadi pembicaraan antara agus dan kreditor perumahan

kreditor perumahan : mau nyewa yang mana pak agus…?
agus : yang itu tuh… yang rumah mewah di rt 5, rw 3, no 10 jalan cinta
kreditor perumahan : wuih… kok kayak lagu dangdut tuh… he he, maaf maaf… oh ya… rumah yang itu tuh pilihan yang tepat untuk anda… cocok banget dengan kepribadian anda…
agus : trus harganya berapa tuh…. mahal gak??
kreditor perumahan : tenang aja pak agus. kami memberikan harga yang relatif kok untuk setiap pelanggan kami,…. emm… kalau yang itu sekitar 350 juta rupiah kontan pak agus… udah termasuk perabotan, TV, kulkas, AC dan lain lain
agus : waduh pak.. saya nih cuman pekerja kantoran yang gajinya gak seberapa trus tabungan di bank udah 2 tahun gak nambah nambah, kemahalan pak. ya udah.. saya cabut dulu ya. banyak urusan nih

kemudian pak agus pun keluar dari kantornya. tetapi kemudian dipanggil lagi oleh kreditor tersebut

kreditor perumahan : sebentar pak…. saya mempunyai penawaran yang menakjubkan
agus : beneran tuh. gimana pak, pokoknya kalau haganya sesuai langsung saya ambil
kreditor perumahan : nah… jangan khawatir pak agus, sesuai apa yang saya bilang, kami juga bisa menawarkan harga dengan sistem kredit
agus : kredit, maksudnya?
kreditor perumahan : dengan uang muka sebesar 100 juta dengan cicilan sebesar 5 juta rupiah tiap bulan selama 5 tahun, atau sekitar 60 kali pembayaran, gimana penawaran saya pak..?
agus : waduh pak… uang muka segitu gimana saya bisa dapat tuh, apalagi cicilannya, trus tiap bulan keluarga saya makan pake apa… ya udah pak saya cabut dulu nih… udah terlambat saya. ada urusan nih

kemudian pak agus pun keluar dari ruangan lagi tetapi di kejar lagi dengan kreditor perumahan

kreditor perumahan : sebentar, sebentar pak… saya mempunyai penawaran yang terakhir dijamin anda pasti tertarik
agus : wah. saya keburu nih, penawarannya kayak gimana tuh
kreditor perumahan : dengan uang muka sebesar 25 juta rupiah saja dan cicilan per bulan sebesar 2 juta rupiah selama 50 tahun, gimana pak
agus : seep… tuh baru penawaran yang mantap… ya udah siapkan berkas berkasnya, saya bayar uang muka dan cicilan pertama sekarang juga

itulah pembicaraan antara pak agus dan kreditor perumahan, tetapi yang jadi masalah adalah pemilik perumahan tersebut membangun perumahan tersebut dengan biaya sekitar 3 Triliun rupiah, dan itu pun dia dapat pinjaman uang dari bank, pas suatu ketika jatuh tempo cara pembayarannya trus gimana tuh…

dengan berbagai pemikiran akhirnya untuk membayar pinjaman bank yang jatuh tempo tersebut, pemilik perumahan menjual aset perumahannya pada kenalannya yang mempunyai Pabrik Minyak yang besar, dan karena ada unsur pengen juga nolong teman sendiri, pemilik Pabrik minyakpun menyetujui untuk membeli aset perumahan tersebut dengan sistem kredit juga.

nah. si pemilik perumahan akhirnya sekarang udah agak lega, dan ada masalah lagi pada si pemilik Pabrik Minyak, dia menginginkan ekspansi perusahaannya untuk diperluas dan diperlebar, padahal dia gak punya cukup dana kas, akhirnya dia menjual aset perumahan yang baru dia beli tersebut pada pemilik perusahaan mobil terkemuka dan terbesar di dunia agar mempunyai uang kas yang cukup untuk ekspansi perusahaannya, tetapi dengan syarat di kredit juga.

sekarang bank, pemilik perumahan dan pabrik minyak udah agak lega, yang jadi permasalahan adalah si pemilik perusahaa mobil pengen mengasuransikan perusahaannya pada asuransi yang terkemuka dan terbesar, tetapi tidak mempunyai dana uang yang cukup, akhirnya diapun menjual aset perumahan pada pihak asuransi.

nah sekarang pihak bank, pihak pemilik perumahan, pihak pemilik perusahaan minyak dan pemilik perusahaan mobil udah agak lega, tetapi pihak asuransi butuh dana cepat untuk menjalankan bisnisnya, diapun menjual aset perumahan tersebut dalam bentuk saham, dan ternyata laku keras di pasar saham. banyak yang membeli saham perumahan tersebut.

dan akhirnya terjadilah suatu krisis, yakni ketika pak agus dan penyewa perumahan gak bisa bayar uang cicilan atau menunggak pembayaran, pihak asuransi kelabakan karena gak mempunyai dana yang cukup untuk membayar dividen para pemegang saham, dan diapun gak bisa membayar kredit pada pemilik perusahaan mobil, sementara itu pemilik perusahaan mobil akhirnya juga gak bisa membayar kredit kepada pemilik perusahaan minyak, dan begitu pun juga yang terjadi pada pemilik perusahaan minyak yang gak bisa juga membayar kredit kepada pemilik perumahan tersebut, sehingga, pemilik perumahan tersebut akhirnya bangkrut karena gak bisa membayar kredit dari bank,

pemilik perusahaan minyak pun bangkrut karena asetnya semua dia jual, begitupun dengan pihak pemilik perusahaan mobil dan pemilik asuransi serta pemilik aset saham perumahan tersebut sehingga saham di pasaran turun drastis

itulah kronologi terjadinya krisis di amerika yang berimbas pada seluruh dunia… kira kira seperti itu yang bisa saya jelaskan

14 thoughts on “krisis di amerika

  1. mel mengatakan:

    mampir baca-baca semoga bisa menambah teman baru..

  2. easy mengatakan:

    pantesan harga tempe ikutan melonjak ditempatku😀

  3. alfaroby mengatakan:

    @mel : met baca baca mbak mel

    @easy : harga tempe tuh juga kena dampak kali ye….

  4. Yari NK mengatakan:

    Dan seperti biasa, Amerika yang pusat krisis akan pulih lebih awal, sementara Indonesia yang hanya mendapat sentilan krisis, namun pulihnya akan lebih lama dan pengaruh krisisnya di negeri ini bisa lebih dahsyat dari yang di pusat krisis…….

  5. Aria Turns mengatakan:

    Mmm..katanya harga rumah di amrik sekrang lebih murah dibanding jakarta, tapi di bukan di down town nya lho..

  6. alfaroby mengatakan:

    @Yari NK : tapi menurut saya tidak juga kkok pak, buktinya, jika dibandingkan dengan negara lain, jumlah buruh atau pegawai pabrik yang di PHK masih tergolong rendah jika dibandingkan negara negara yang lain (asia tenggara). tapi memang bursa saham kita menjadi rendah karena dampak dari krisis tersebut,

    @aria Turns : ya bisa juga sih, tapi dengan cicilan sampai lebih dari 30 – 50 tahun, bahkan ada yang lebih..

  7. soulharmony mengatakan:

    Undangan untuk rekan2 blogger. KalSel punya event besar ARUH BLOGGER 2009 akses di (http://aruhblogger.com). sampaikan kepada rekan2 blogger lainnya

    thanks

    chandra
    CP : 05117718393, 05119044028, 085251534313, 081952954056

  8. oRiDo™ mengatakan:

    bagaimana cara nya biar israel yang mengalami krisis..???
    mo pake slogan tolak produk israel, tetep aja gak ngaruh..

  9. Kaka mengatakan:

    bangkit indonesia ..

  10. alfaroby mengatakan:

    @soulharmony : wah… undangan ya… tak mampir deh

    @oRiDo™ : wah…. ya gak gitu mas… mending kita doakan biar damai aja antara israel dan palestina

    @kaka : setuju tuh… mari bangkit menuju kemenangan

  11. annosmile mengatakan:

    wah.
    ternyata bisnis saling berkaitan ya..
    satu terkena masalah, lainnya terkena imbasnya

  12. alfaroby mengatakan:

    @annosmile : bener banget tuh mas…. saling berkaitan

  13. risma mengatakan:

    O… gitu toh ceritanya terjadi krisis
    aku memang sering dengar katanya krisis bisa dibuat oleh satu orang
    tapi aku ga ngerti jalannya gimana
    tapi ceritamu memberi jawaban🙂
    thax ya..

  14. alfaroby mengatakan:

    @risma : makasih… kurang lebihnya terjadinya krisis karena hal tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: