komunikasi bisnis

cie…cie…. bahasanya… tapi udahlah…. aku memberanikan diri nih….

dalam bisnis, komunikasi adalah salah satu hal yang tidak dapat dilupakan. salah satu faktor pendukung yang kerap menjadi awal permasalahan atau juga kerap menjadi faktor penentu keberhasilan…

aku contohin.. ada dua sahabat sejak kuliah yang bekerja pada satu perusahaan yang sama, taruhlah perusahaan Manufaktur. yakni SARI dan DINA, suatu ketika..  mereka lagi enak enaknya diskusi masalah proyek, ternyata SARI di panggil oleh Manajer  mereka, msuk ke ruangan dan kayaknya terjadi pembicaraan yang serius, sekitar 30 menit SARI dan Manajernya berada di ruangan kantor tersebut.

setelah itu SARI keluar dengan mimik wajah yang agak kusut, tanpa pikir panjang, DINA menghampiri dan mencoba bertanya sembari mencoba menenangkan tentang apa yang barusan di lalui oleh SARI, tapi  tanpa banyak kata SARI hanya  berkata “emm…. udahlah… ntar aja…. aku gak enak ngomongnya…”

coba, apa kira kira yang dirasakan oleh DINA… ada sekitar 1001 alasan, pertanyaan, ungkapan, keraguan, selidik, keraguan dan lain lain. DINA merasa telah terjadi sesuatu atau apapun itu pasti bukan hal yang baik… bisa aja kerena pekerjaan SARI yang kurang bagus trus kemudian di pecat. bisa juga karena dia barusan menulis laporan yang salah. atau bahkan bisa juga dia diangkat jabatannya terus gak enak kalau ngomong ke DINA. atau bisa juga SARI yang ditanya oleh Manajer mereka tentang bagaimana kinerja DINA selama ini.  dan beribu-ribu alasan yang ada dalam pikiran DINA

coba kita cermati cerita singklat dia atas… karena komunikasi yang kurang.. banyak menimbulkan persepsi yang meresahkan, berkepanjangan, salah faham, permusuhan, keraguan, pikiran negatif, dan lain lain.

dari fenomena itulah akhirnya banyak orang yang menyadari akan pentingya komunikasi dalam bisnis. Jika kita melihat komunikasi dan bisnis sebagai suatu proses sosial, kita akan sampai pada suatu kesimpulan bahwa komunikasi adalah bisnis dan, sebaliknya. bisnis adalah komunikasi, artinya, proses sosial keduanya yakni bisnis dan komunikasi adalah dua hal yang terintegrasi, tidak bisa dipisahkan.

dari kata “komunikasi”  berarti membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih, dari sisi makna kata sudah jelas bahwa komunikasi adalah proses menjelaskan, proses menginformasikan, proses menggambarkan, proses memahami, proses mengidentifikasi, dan proses membedakan.

hal hal yang paling penting dalam kita berkomunikasi bisnis dengan orang lain adalah yang pertama, menarik perhatian komunikan. buat mereka tertarik dengan apa yang akan kita sajikan, jelaskan dan bahas di beberapa menit kedepan.

kita kita mencoba dengan jalan memberi kertas cetak atau dengan presentasi power point, usahakan buat yang semenarik mungkin, jangan terkesan monoton, mulai dari huruf yang kita sajikan sampai besar font yang kita buat, sedikit gambar yang terkesan bisa juga diselipkan di sini.

dan yang paling penting adalah bagaimana cara kita berbicara, bagaimana ekspresi wajah kita, gerak gerik tubuh, bahasa tubuh kita sampai dengan suara dan bahan pembicaraan yang kita bicarakan. sedikit hiburan atau guyonan yang berkelas bisa membuat suasana lebih asik dan menantang serta tidak mudah bosen.

10 thoughts on “komunikasi bisnis

  1. budimeeong mengatakan:

    Komunikasi….dialog…pembicaraan…ho’oh…orang sering kali tertarik bahkan tertipu dari pembicaraan..hal ini mengakibatkan komunikasi yang negatif…pandai-pandailah berkomunikasi jika ingin mendapat pengalaman berkomunikasi…*wakakakkkk ga nyambung*

    ya udah gak pa pa… hati hati i jalan
    #lebih gak nyambung lagi nih malahan

  2. oRiDo™ mengatakan:

    emang bener nih kata syelviapoe3…🙂

  3. Abeeayang™ mengatakan:

    komunikasi memang hal terpenting dalam bisnis kalau seorang pebisnis pingin maju…..

  4. Mercusian mengatakan:

    salam kenal…..

  5. ai mengatakan:

    saya namanya SARI….hiks…..😦
    salam kenal😀

  6. indra1082 mengatakan:

    Bisnis ya pake komunikasi, masa bisnis saling diam… Pake bahasa Isyarat?? heheheheeh

  7. arie mengatakan:

    cie… cie… cie…

  8. jeto mengatakan:

    hii semuanya bisnis harus melalui komunikasi,,, hahahahahh???????????????????

  9. zaae mengatakan:

    komunikasi itu banyak jenis kesalah fahaman bisa saja terjadi dari berbagai aspek. bisa saja faktor ekspresi, nada atau intonasi, sikap budaya dll. maka untuk bisa berkomunikasi pelajari semua aspek.

    tks

  10. een mengatakan:

    gue lg butuh materi komunikasi bisnis nehh..malah nyangkut disini…huaaaaaaaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: