bahasa arek malang

ya… cuman sekedar menambah perbendaharaan kata aja sih… di kota Malang. Jawa Timur… kebanyakan beberapa mahasiswa dan anak anak SMA. SMP bahkan sampai bahasa di Terminal menggunakan bahasa yang benar benar unik… ini kenyataan… bahkan banyak di adopsi sampai dengan daerah jombang, surabaya, mojokerto, porong dan sekitarnya…

bahasanya cukup mudah dan sederhana.. akan tetapi kalau belium terbiasa ya kesulitan dan kebingungan…

contohnya :

umak jadi naik libom ke surabaya kemarin… uklam uklam nang di rek…? eh yo… nakamnya dimana, enak gak..? apa kayak keat…? he he…. kodew kodewnya nayamul nayamul atau asaib…? jadi nyobain nasi lecep dan het se gak di warung pak kardi… wah…enok lo disana… eh ya… waktu pulang apa umak gak di marahi apa sebe dan semem tuh….? ya gak lah… he he… eh ya… aku boleh minjam duit gak….? urip…? yo… sekitar tekes lah…. gawe opo rek…? kemarin aku kena silup di daerah krian… ada operasi SIM…

nah…. binggung kan… pake bahasa apa sih percakapan di atas…. OK.., OK,.. aku jelasin ya…

umak = kamu

libom = mobil

uklam uklam = mlaku mlaku (bahasa jawa, artinya jalan jalan)

nakam = makan

keat = taek (bahasa jawa, artiinya tahi)

kodew kodew = wedok wedok (bahasa jawa, artinya cewek cewek, perempuan)

nayamul = lumayan

asaib = biasa

nasi lecep = nasi pecel

het se = es teh

sebe = ebes (bahasa surabaya., artinya ayah)

semem = memes (bahasa surabaya, artinya ibu)

urip = piro (bahasa jawa, artinya berapa)

tekes = seket (bahasa jawa, artinya lima puluh)

silup = polisi

kadit = tidak

dan masih banyak lagi bahasa bahasa yang lain… akan tetapi tidak semua bisa di balik seperti contoh diatas… tergantung dari kebiasaan… selamat mencoba dan menikmatinya…..

28 thoughts on “bahasa arek malang

  1. sagung mengatakan:

    Aaaaarg😯
    Ngomong opo iku …. ????

    yo ngomong ngomong mas…. he he he

  2. temukul mengatakan:

    Dibalik bahasa ini ada sejarah yang bagus. Konon ini dibuat untuk mengelabui mata-mata penjajah yang ingin mengetahui rencana para pejuang kita. Warga Malang rupanya cukup konsisten untuk memelihara warisan pejuangnya.

    Salam kenal ya Mas, ayas yo kera ngalam.

    wah wah… ternyata ada langsung orangnya nih,,,,

  3. Ifa mengatakan:

    hahaha..iya, aku punya temen Malang kadang juga sering ngomong kebalik

    ya emang kebiasaan di sana sih….

  4. sagung mengatakan:

    Eh berarti mantan wapres kita orang Malang yah ???

    Adam “Malik” (adam kualik).

    Semoga orangnya ga ikut kebalik…

    he he… gak ikut ikut nih…

  5. wennyaulia mengatakan:

    busyet…
    *gedheg-gedheg

    ono ta basa yo’ ngono?

    belajar basa jawa timuran aja baru bisa dikit2..masih ada yang begituan?😆

    makanya aku pikir ini dijadikan referensi aja buat bahan obrolan

  6. hanggadamai mengatakan:

    wahhh…diriku baru ngerti ada bahsa beginian..
    jajal ah,,,,:mrgreen:

    selamat mencoba…..

  7. julfan mengatakan:

    semoga bahasanya bisa dipatenkan mas, he he ehe

    ya kalau bisa sih….

  8. Yari NK mengatakan:

    haw ayas gnamem hadu hanrep ragned asahab kayak nainigeb, aynkayak kiysa aguj kutnu niaboc hin …..eheheh:mrgreen:

    wah wah wah… umak dah asib ya….

  9. ansori mengatakan:

    hehehe… aja aja adah….

    hada aja aja… eheheh

  10. emyou mengatakan:

    gw cuma paham kalo dengerin (itupun lelet nyambungnya), kalo ngomong masi sangat belepotan.

    kangen ngalam

    aku juga terkadang kalau pas lagi ngobrol juga perlu konsentrasi dan mikir lama sambil ngebalik setiap kata kata yang dia ucapkan… ribet juga sih

  11. ratutebu mengatakan:

    iyahh.. itu disini jugahhh.. bahasanya di kilab-kilab ay??😆

    aih…. umak asib juga nih

  12. Rita mengatakan:

    hhmmm tingal tuker aja letak hurufnya hehe…..

    yup… tul sekali…

  13. TGH.Nizar AL-Kadiri mengatakan:

    maaf, aku gak ngerti. aku kan orang sasak lombok. heheheh…

    ya… cuman untuk sekedar pengetahuan bahasa aja kok.. he he

  14. -djaly- mengatakan:

    wew…..tu biasa boooo…!!!!krn saia sndiri “Genaro Ngalam”
    bahasanya di bolak-balik……..keren khan????
    emank prnah k Malang?????Malang mn?????
    “Ayas siap nunggu klo ukam maen2 k Ngalam…..n Kera2 Ngalam pasti ramah2”

    aku punya saudara di daerah perum joyo grand.. dekat UIN malang… daerah dinoyo…

  15. zen mengatakan:

    malas gae kera2 ngalam kabeh,,,,ayas saiki nang makassar,dodol oskab tusuk….salam atu jiwa arema sedunia..arema tidak kemana-mana tapi arema ada dimana-mana,,,

  16. ski mengatakan:

    bahasa orng ngalam emng kdegeran aneh ,tp asyik tuk d pelajari
    salam satu jiwa arema……..

  17. Rizhaldy Sofyansyah mengatakan:

    salam satu jiwa nawak nawak di malang!!! ^_^

  18. Arek Malang mengatakan:

    salam satu jiwa nawak nawak di malang!!! ^_^

  19. hery erdy mengatakan:

    Tahes niam niam ker… Salam satu Jiwa Arema. ayas kera Dinoyo kerrrr

  20. Roni Hermansyah mengatakan:

    Salut Sam bisa kumpul2 di komunitas. Onok info Sam, Kamus Bahasa Malangan: Osob Kiwalan + Osob Ngalam wis onok saiki. Kebetulan sing nulis bosku ewed. Bahkan mulai onok Guyonan asli Osob Ngalaman nang http://osobngalaman.blogspot.com Nuwus

  21. ojoj kera ngalam mengatakan:

    nerek sam,, malas utas awij…

  22. rama mengatakan:

    ayas iki kera ngalam lo ker
    asahab d atas iku ono beberapa seng kliru
    gk oleh iku ker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: