tempe berbahan baku kacang tanah

siang tadi aku lihat di salah satu TV swasta, SCTV. ada hal menarik yang dibahas, yakni proses pembuatan tempe berbahan baku kacang tanah. sungguh unik memang. akan tetapi itulah yang dikembangkan oleh ibu rumah tangga di daerah Bandung (maaf aku lupa nama dan daerahnya).

selama ini, tempe berbahan baku dari kedelai. dan diolah dengan cara :

  1. Kedelai dibersihkan, kemudian diberi air panas (2 Bagian air panas, 1 bagian kedelai). Setalah dingin, diberi bekas air rendaman terdahulu sebanyak 1/3 dari air yang sudah ada. Selanjutnya kedelai dibiarkan terendam 1 malam.
  2. Rendaman kedelai dikupas dan dipisahkan kulitnya.
  3. Kedelai yang telah dikuliti, dicuci lagi hingga bersih, kemudian dikukus atau direbus selama 1 jam.
  4. Kedelai masak itu didinginkan, kemudian dicampur dengan inokulum tempe (Raprima) sebanyak 20-40 gram (1-2 sendoko makan penuh) per 10 Kg. Kedelai dicampur aduk sampai rata.
  5. Campuran ini dibungkus dalam kantong plastik atau daun pisang yang berlubang-lubang.
  6. Bungkusan diperam selama 24 jam pada suhu 30° C. Selanjutnya dibiarkan dalam suhu kamar selama 8 – 12 jam. Pada akhir pemeraman jadilah tempe yang putih dan enak rasanya.

akan tetapi yang berbeda adalah bahan bakunya. yakni semula kedelai dan sekarang kacang tanah

penasaran kan. silakan di coba aja deh….?

NB: pembuatan tempe disadur dari sini

19 thoughts on “tempe berbahan baku kacang tanah

  1. Ummi mengatakan:

    Assalamualaikum,,,,
    tolong dong kirimkan cara membuat tempe berbahan dasar kacang tanah ke email saya,,,waktu itu saya juga lihat liputannya tapi baru ada ide menjadikannya makalah untuk tugas kuliah,,,plesss
    makasih ya,,,
    Wassalam,

  2. alfaroby mengatakan:

    @Ummi = sabar ya… aku cari dulu referensinya… kayaknya aku rada rada lupa nih…

  3. ninda mengatakan:

    Ass….
    Yang ingin saya tanyakan bagaimana perbedaan kadar gizi yang terkandung dalam tempe kacang tanah dan tempe kacang kedelai,,,tolong kirim ke email saya ye………
    makasih sebelumnya,,,,,,,,,,,,,

    wassalam

  4. alfaroby mengatakan:

    @ninda = yang saya tahu… perbedaan kadar gizinya memang sih masih tinggi kacang kedelai…. akan tetapi penelitian gizi pada kacang tanah saya masih belum dapat artikelnya… maaf ya….

  5. esti mengatakan:

    Assalamualaikum,,,,
    tolong dong kirimkan cara membuat tempe berbahan dasar kacang tanah ke email saya,,,waktu itu saya juga lihat liputannya tapi baru ada ide menjadikannya makalah untuk tugas kuliah,,,plesss
    makasih ya,,,

  6. Nafis Abrari dari IKSAB Yaman mengatakan:

    assalamu’alaikum…..
    tolong kirim cara pembuatan tempe dari kacang tanah dong……
    wat tugas semester neh…..pLizzzzz
    makasih y………..iBeh

  7. cHabibah aZ-zaHro seMarang mengatakan:

    assalamu’alaikum…..
    tolong kirim cara pembuatan tempe dari kacang tanah ke eMailQ dong….
    pLizzzzzz……wat tugas semester neh…………….
    sekarang ya………..makasih….

  8. cHabibah aZ-zaHro seMarang mengatakan:

    maaf…isinya sama yang ada di rubrik anda yakni tempe dari kedelai
    tolong kirimkan ya cara pembuatan tempe dari kacang tanah dan kandungan yang ada didalamnya….plizzzzz
    makasih…..

    nah itu dia…. aku juga dapatnya dari situ… dulu aku nonton di TV… terus penasaran dan coba search ke google dan dapetnya link tersebut… maaf gak bisa bantu sejauh itu… maaf bangget

  9. Anggi mengatakan:

    Assalamualaikum,,
    saya bisa minta tolong untuk dikirimkan artikel atau pustaka pembuatan tempe dari kacang tanah, buat skripsiku nich…plizzz….
    thanks be 4

  10. infobebas mengatakan:

    coba cari di malang

  11. anwarus salam mengatakan:

    1. yang bener kedelai atau kacang dalam uraian Anda?
    2. tempe kacang udah lama di produksi di malang. rasanya lebih nikmat dan lebih renyah dibanding tempe kedelai. cuma 1 kekurangannya, yaitu tempe kacang rapuh.. menurut saya karena miselium jamurnya kurang mengena…
    3.thx infonya

  12. mihan mengatakan:

    kirim cara buatnya donk

  13. Ega mengatakan:

    tolong kirim cara pembuatannya, juga kandungan gizinya ,,,

  14. Blog Tutorial Terbaru mengatakan:

    Wah kayakmana rasanya yah tu sob?

    enak kali yah cuy. Mantap juga ne kalau dicoba.

  15. irmai antika mengatakan:

    saya kirimi cara pembuatan tempe dari kacang tanh dunkz!

  16. silahkan hub UNBRA Malang tentang pembuatan tempe kacang tanah (menjes)

  17. ferdinand mengatakan:

    ass……
    tolong dong berikan tips membuat tempe dengan bahan dasar kacang tanh,karena saya ada tugas membuat tempe dari kacang tanah…plizzzzz…………..
    trims………

Tinggalkan Balasan

