cara mencegah baterai laptop meledak

seperti biasanya, aku lagi jalan jalan di sini, trus aku menemukan artikel yang menarik. beberapa peneliti dari amerika mengatakan, masalah baterai meledak adalah bukan masalah yang baru lagi.banyak keluhan dari pengguna laptop yang mengalami ledakan secara spontan. berikut ini adalah beberapa trik untuk mencegah baterai laptop meledak. akan tetapi trik di bawah ini tidak mencegah 100 % bahaya dari ledakan laptop, diantaranya adalah :

  • Jika baterai melemah dan masa operasinya berkurang drastis, lebih baik langsung membeli baterai baru. Jangan coba-coba memperbaiki baterai yang sudah rusak untuk dipakai kembali.jika baterai memang benar benar rusak seperti punyaku alangkah lebih bijaknya untuk membawa ke service center yang asli. jangan coba coba membetulkannya lewat service komputer yang masih diragukan keprofesionalannya.
  • Selalu pastikan bahwa Anda memakai baterai yang asli dari penjual resmi. Jika baterai asli saja dilaporkan banyak yang meledak, apalagi dengan baterai palsu bahkan mungkin juga baterai second. karena kita sendiri tidak tahu apakah baterai second tersebut adalah baterai yang “benar benar asli”
  • Jangan mengisi ulang baterai Anda lebih dari 8 jam. Mengisi ulang baterai terlalu lama dilaporkan beresiko menimbulkan ledakan. terkadang juga kita lupa ketika mengisi baterai dan kita tinggal untuk keluar lama, atau aku seringnya ketiduran. lebih baik kalau memang di pakai lama, mending baterai laptop dilepas aja, tapi ini berisiko jika sewaktu waktu kita ngetik data penting dan lupa belum menyimpannya tiba tiba mati listrik…..?
  • Jika baterai sudah penuh saat diisi ulang, pilih salah satu saja, memakai daya listrik atau baterai saat Anda ingin menggunakan laptop.
  • Pakailah charger pengisi ulang yang kompatibel dengan baterai Anda. Charger yang tidak sesuai akan meningkatkan resiko overheating. memang aku sendiri menyadari charger baterai yang palsu memang harganya murah bila dibandingkan dengan yang asli. tapi apakah anda berani mengambil resiko antara membeli harger asli atau memberi laptop baru karena meledak…?
  • Jangan letakkan notebook di area yang dapat menjadi sangat panas, misal di bagasi mobil atau di bawah terik matahari. jangan dekatkan juga dengan alat komunikasi atau mungkin juga bahan peledak ( he he he )
  • Selalu ikuti perkembangan berita teknologi, misalnya di situs berita online. Biasanya jika terjadi masalah pada baterai laptop, vendor laptop tersebut akan melakukan penarikan besar-besaran. Jika Anda mengikuti perkembangan dan kebetulan laptop Anda bermasalah, Anda bisa mengikuti prosedur yang sudah ditentukan misalnya penukaran baterai. tapi hal ini jarang sekali terjadi,tapi kemungkinan kecil masih bisa terjadi

nah…. sekarang coba lihat laptop anda……..???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: