jenis bintang baru di temukan

whitedwarf.jpg

WASHINGTON, KAMIS – Delapan objek langit yang dikenal sebagai white dwarf terdeteksi di galaksi kita, Bima Sakti, sebagai jenis bintang baru yang belum dikenal sebelumnya. Demikian diungkapkan para astronom dari Universitas Arizona, Kamis (22/11).White dwarf adalah bentuk akhir bintang setelah terbakar habis. Sekitar 97 persen bintang, termasuk Matahari, ditakdirkan untuk mengakhiri hidupnya sebagai white dwarf.

Massa white dwarf kurang lebih sama dengan massa Matahari, namun ukurannya hanya sedikit lebih besar dari Bumi karena lapisan bagian luarnya telah hilang, dan tinggal inti yang redup namun luar biasa padat.

Ahli fisika bintang dari Universitas Arizona, Patrick Dufour, mengatakan selama ini hanya dikenal dua jenis white dwarf, yakni yang memiliki atmosfer kaya hidrogen dan yang memiliki atmosfer kaya helium. Namun Dufour dan tiga peneliti lain mendapatkan delapan white dwarf yang memiliki atmosfer penuh karbon.

Para ilmuwan menduga jenis baru ini mungkin terbentuk dari bintang-bintang yang jauh lebih padat dari Matahari namun tidak cukup padat untuk bisa meledak sebagai supernova.

“Ini adalah sesuatu yang tak terduga karena semua white dwarf yang kami ketahui adalah jenis yang kaya helium atau hidrogen. Artinya ini adalah jenis bintang baru,” ujar Dufour.

Ke delapan white dwarf itu berada antara 1000 hingga 2000 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Satu tahun cahaya adalah jarak yang bisa ditempuh cahaya dalam satu tahun atau 9,6 triliun kilometer.

Para peneliti telah menemukan setidaknya sepasang white dwarf lain yang mungkin termasuk jenis ini. Bintang-bintang itu adalah beberapa dari sekitar 10.000 white dwarf yang baru-baru ini diidentifikasi dalam sebuah survey.

Sumber: reuters
Penulis: wsn

3 thoughts on “jenis bintang baru di temukan

  1. centraurus mengatakan:

    alam semesta memnag sangat luas dan tak terjangkau…..
    selalu ada hal baru dan selalu menarik untuk dikaji

  2. achmataofik mengatakan:

    alam yang menarik untuk di kaji, luas namun sangat menarik dan bahkan sulit untuk di hafal.
    itu lah alam dengan segala properti nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: