nuzulul quran

hari dimana kitab suci alquran diturunkan oleh Allah denga perantara malaikant Izroil kepada nabi Muhammad SAW.

Nuzulul Quran pun banyak perbedaan pendapat mengenai hal tersebut, ada yang ngomong pas tanggal 17 ramadhan atau ada juga yang turun tidak menentu, pokoknya sekitar 10 hari terakhir di bulan ramadhan pada malam yang ganjil. wallahu aklam.

perbedaan pendapat tersebut adala hal yang lumrah, tergantung pribadi kita menyakini yang mana saja, yang jelas alquran telah diturunkan kepada Nabi Muhammad.

satu hal sangat menakjubkan ang patut saya bahas disini adalah surat atau ayat atau lebih tepatnya kata yang pertama kali turun adalah sesuatu yang menarik.

” iqro’ ” yang berarti “bacalah”. coba kita renungkan kembali, kenapa kok yang turun bukannya menyembahlah, atau mungkin juga ucapkan syahadat, atau mungkin juga berimanlah, bisa juga dengan kata shalatlah, atau jangan pernah berbohong dan lain lain

tapi kata bacalah adalah sebuah pemahaman yang luar biasa menuju pembahasan yang sangat luas dan dalam sekali, bahkan sempat menurut cerita yang tersimpan dalam otak kiriku, Izriol sempat mengucapkan kata tersebut sampai dengan 3 kali, sekali lagi merupakan sebuah kiasan yang tidak boleh kita remehkan.

tidak salah sebuah kata :

“buku adalah jendela dunia”,

“banyak baca banyak tahu”,

“orang pintar suka membaca”

dan kata kata lain yang sering terlintas oleh kedua mata kita ataupun terdengar oleh kedua gendang telinga kita.

ilmu pengetahuan jika hanya disampaikan dari mulut ke mulut mungkin suatu ketika akan tenggelam ataupun juka musnah ketika orang yang disampaikan amanat tersebut meninggal dunia, bisa jadi ilmu yang disampaikan akan terhenti atau bisa juga karena manusia tidak luput dari kesalahan dan lupa.

akan tetapi bila disampaikan melalui sebuah tulisan baik berupa buku ataupun berupa file akan lebih terjamin keabadiannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: