Pithecanthropus Mojokertensis

Pithecanthropus Mojokertensis itu artinya manusia kera dari Mojokerto.

Itu sebenarnya cuma salah satu jenis dari phitecanthropus yang ditemukan Ralph von Koeningswald di Mojokerto tahun 1936 dalam rupa fosil anak- anak. Disebut juga Pithecanthropus Robustus.

Pithecanthropus secara tipologi berada pada lapisan Pucangan dan Kabuh. Umurnya diperkirakan 30.000- 2 juta tahun.

Ciri- ciri pithecanthropus:

  1. Tinggi: 165- 180
  2. Badan tegap, tidak setegap Meganthropus
  3. Otot kunyah tidak sekuat Meganthropus
  4. Hidung lebar dan tonjolan di kening melintang sepanjang pelipis
  5. Tidak berdagu
  6. Makanannya tumbuhan dan hewan hasil buruan

di sadur dari sini dan sini

About these ads

79 gagasan untuk “Pithecanthropus Mojokertensis

  1. dea mengatakan:

    tolong donk d tampilkan siapa penemunya………

    lg butuh nihh…………

  2. dea mengatakan:

    alhamdulillah ternyata sudah ada…………

    trims bwt yg nls……….

  3. grace mengatakan:

    agus agus buatin artikelnya dunk!!!

  4. Fransiskus mengatakan:

    koq brapa volume otaknya gak di tulis

  5. Fransiskus mengatakan:

    q jadi bingung nich

  6. teathiz mengatakan:

    kurang lngkap tuh,,,, ak mlah bngng ngrjain tgaz’a gmna

    • alfaroby mengatakan:

      maaf,,, mungikin data yang saya masukkan kurang lengkap, tetapi saya mencoba untuk berbagi informasi mengenai bagaimana kehidupan masa lamau dan menjadikannya sebagai sebuah informasi yang berharga

  7. kamilah mengatakan:

    oh ngak pa2 aku juga baru tahu tentang masa lamau

  8. hani mengatakan:

    mav akku lge ada pe.er 30 manusia purba di dunia serta tempat dan nama penemunya :(( bantuin donk ~

  9. Agil mengatakan:

    hadoooh….
    tolong mas… Aku lg butuh banget info tentang phitecanthropus mojokertensis…
    aku lg da tugas…
    mas.. tolong cari yang lengkap ya?
    aku gaptek, jd ga bisa nyari ndiri…
    makasih…

  10. deysi mengatakan:

    TOLONG buatin makalahnya dong….
    soalx lagi butuh nih..!!!

  11. shinta mengatakan:

    lumayan bagus sih artikelnya…
    thx y….

  12. farid mengatakan:

    klo bisa sekalian dilapisan mana manusia purba ini ditemukan yah mas…hehe
    hidup Djamsa….=D

  13. yusie mengatakan:

    maaf,,gambar tengkoraknya homo mojokertensis apakah sperti itu???
    n kalo boleh beri pengrtian sedikit,,kalo ga’ salah volume otak homo mojokertensis tu adlh 1300cc..
    maaf dh ngerepotin..^_^

  14. desy mengatakan:

    tolong dong,bwt Cp aza yg taw cr2 manusia pithecantropus,kasih taw q dong,ge butuh banget nih,,,,,
    apalagi cr2 pithecantropusnya

  15. nandia mengatakan:

    duh,,,,,,,, ada yang lebih lengkap lagi ga?? soalnya ga nemu2….

  16. nandia mengatakan:

    ga ada yang lebih lengkap ya…..???

  17. MicyzLko5 mengatakan:

    Brilliant site, exactly where did you obtain the layout?

  18. affiliate mengatakan:

    Terimakasih infonya, artikel di situs ini memberi saya informasi yang bermfaat, keep posting ya …

  19. yundi mengatakan:

    Akhirnya Gw dapet
    Mkasih ya!!!!!!!!!!!!

    Infonya yng brmanfaat

  20. Putri aquel moeslim mengatakan:

    duh..
    Volume otak nya koq gk ada…
    tolong dong..
    lgi guna nih.. :)

  21. Reyhan mengatakan:

    terima kasih atas info nya. saya bisa ngerjain pr jadinya…hehehe..:)

  22. David mengatakan:

    iwaw… lumayan lengkap… di buku saya ngga ada semua… adanya malahan di internet…
    wkwkwkwkwkwk…
    thx vo D like..

  23. David mengatakan:

    bagi yang menanyakan volum tengkorak, volumenya 900 cc..

  24. hanif mengatakan:

    tolong dong supaya ada pithecanthropus robstus. lagi butuh

  25. muhammad renaldy baskara mengatakan:

    tolong minta gmbar nya donk…
    lagii butuh nih….

  26. nadya mengatakan:

    huuhh… biingguuungg!!

  27. Aisy... mengatakan:

    Alhamdulillah.. trnyata ktmu..! bagus lh! :)

  28. erlin mengatakan:

    ada nggk yg lbh lngkp..???

  29. rania mengatakan:

    Pithecanthtopus Mojokertensis
    sitemukan oleh G.H.R Von Koningswald
    di Perning, Mojokerto …

    1300 cc . otak manusia purba ,,
    klo manusia berapa yh ??

  30. gardena mengatakan:

    _woooooowwwwwwwwww………….
    steal yhaw gmbar nya…..???????
    sma gc yhaw cma periode masa kini……………
    ^_^ wah wah wah………………….

  31. secret mengatakan:

    Siapa penemunya ???

    Kapan Tahunnya ???

    Hasil Kebudayaannya ??

    DASAR KALO MEMBERI KETERANGAN ITU YG LENGKAP DUNK…………..

  32. baskoro mengatakan:

    kata guru saya pithecanthropus mojokertensis tu punya dagu! kalau nggak punya dagu,
    MANUSIA APAAN TUH ??????????

  33. zafra mengatakan:

    kagax lengkap

  34. cahya mengatakan:

    hemm,,,,,
    q btuh fto nya.. ada??

  35. nasya mengatakan:

    hu, gk lgkap lh.

  36. Ardan Macho mengatakan:

    Wah kok kurang lengkap sih sedikit banget

  37. talitha mengatakan:

    tolong penjelasan nya lebih lengkap

  38. Wafa Nafila mengatakan:

    Maaf saya mau tanya,Ciri2 Pithecanthropus mojokertensis dan Pithecanthropus Erectus apa ya??
    di tunggu jawabannya ya..saya butuh bgt nih…lagi ada tugas…
    makasih…

  39. nandita putri mengatakan:

    eh koq,,, artikelnya cuma sedikit sih,,,
    q kan butuhnya banyak karna q maw buat kliping,,,

  40. septi mengatakan:

    tlonk donk ciri2 picthecantropus mojokertoensis …sekaranG..soalny bsk dh dkmplkn tgsny

  41. Xav1ola mengatakan:

    mm kurang lengkap nieh :p

  42. andika mengatakan:

    bang sma ya robustus ama mojoketensis

  43. KHALIQ mengatakan:

    coba tampilin gambar manusianya

    tolong yach

    BLS

  44. Pahda mengatakan:

    mohon info dong tentang homo mojokertensis seperti kehidupan,kebudayaan dan ciri” nya,besok harus diserahkn kpd ibu guru,mhon bantuan nya ya..

  45. Poetz mengatakan:

    Dkit bgt ciri2.a,, banyakin donk

  46. ekha putry setiady' mengatakan:

    ini sangat berguna..

  47. Lukman mengatakan:

    bang tolong cariin lagi donk

    yg lain

  48. Lukman :) mengatakan:

    tolong cariin lagi donk
    yg lain
    ada tugas ni!!

  49. riski mengatakan:

    gaada tentang kisahnya?? butuh bat dah..

  50. Mounthaz mengatakan:

    penemunya siapa . . . ?

  51. basosisesoo mengatakan:

    yyeeecchh,,,, dapat ciri_ciri manusia pithecanthropus .

    makasihh ^_^

  52. zaaakiiie mengatakan:

    maap, gambarnya boleh yang lain ga? maksih :)

  53. Zaki Fawaz Syah mengatakan:

    tahun berapa /dan bulan apa ditemukanya ,,mojokertenis,,,,,,,,?????

  54. Ida Ayu mengatakan:

    selain Ralph von Koeningswald ada lagi gak sih penemunya? makasih sebelumnya:D

  55. dea hidayanti firdaus mengatakan:

    ga ada,tinggkat kecerdasannya

  56. rafli al azhaar mengatakan:

    wkwkwkwkwkwkwkwkwk orgnya pintar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: