“menjaga” hubungan jarak jauh

menjaga hubungan jarak jauh yang aku maksud disini adalah menjaga hubungan antara dua orang manusia yang berbeda lawan jenis dan saling terikat dalam kata “kekasih” atau anda bisa juga mengatakan “pacaran jarak jauh”.

memang kalau dilihat agak agak sulit dan terkadang juga kita seperti menyepelekannya. jujur aku sendiri mengalami pengalaman seperti hal ini, aku memiliki hubungan dengan seseorang yang kujalin sejak tahun kemarin, hampir kurang lebih 1,3 tahun.

hubungan tersebut pernah hampir sirna, bagai sebuah perahu diambang kehancuran dan masalah tersebut hanya timbul karena “salah paham” pada sebuah SMS. tidaklah lucu kan hubungan yang terjalin lama tiba tiba harus sirna oleh sesuatu yang “sepele”
aku mempunyai beberapa kiat dalam menghadapi hubungan jaraj jauh, diantaranya :

  1. komunikasi. nih permasalahan yang memang terkadang kita menyepelekannya, tetapi janagn salah, OK lah, anda bisa ngomong SMS an setiap hari kan bisa, atau telp pake operator kan ada yang murah. tetapi komunikasi anda hanyalah melalui layar HP yang seakan akan anda bercinta dengan sebuah layar HP. isahakan komunikasi walaupun hanya dengan mengatakan “kangen…..” lewat sebuah SMS atau telp sekitar 30 detik dan menanyakan kabar tuh penting bangget. OK lah gak mesti setiao hari, akan tetap usahakan rutin entah 2 hari sekali atau seminggu mungkin 3 kali
  2. kejujuran. nih yang dirasa agak berat. jujur saja, ketika kita ditanya “lagi ngapain..?” terus kita jawab “lagi di kos sendirian atau lagi belajar” itu adalah hal yang biasa, akan tetapi posisi kita saat itu kagi sedang ngumpul bareng ma anak anak atau bahkan lagi sibuk maen nge game atau bahkan mungkin lagi berkunjung ke seseorang yang “spesial”. kita bisa berbohong hanya dengan SMS seperti hal tersebut, toh dia juga gak bakalan tahu dan saya yakin dia juga gak bakalan ngecek sampai sampai harus datang kesini menempuh perjalanan yang panjang. akan tetapi rasa saling kebohongan yang anda lakukan adalah seperti sebuah “BOM waktu” yang terus berjalan menghancurkan hubungan kalian. apa salahnya kita mengatakan kejujuran walaupun tuh pahit bangget. jujur aja kalau kalian lagi keluar bareng temen, atau kalau bisa sebutin satu satu tuh orang yang ada disekitar kita, atau bahkan kalau posisi kalian ada di WC lagi “nongkrong” ya jawab aja lagi seru serunya di WC. terkadang dengan sikap kejujuran kita dan apa adanya tersebut “kekasih” kita akan lebih sayang dan cinta dengan kita.
  3. percaya. nih modal jarak jauh no 1. seperti halnya diatas. kita di SMS kalau doi lagi jalan jalan keluar bareng temen, imajinasi kita terkadang membuyarkan logika kita, mungkin doi lagi selingkuh, atau doi lagi keluar bareng teman “spesial” atau mungkin juga doi lagi PDKT ama anak lain. itu adalah hal yang lumrah, rasa cemburu tersebut adalah suatu tindakan dan perasaan karena rasa cinta kita kepada doi, akan tetapi hal tersebut harus sebatas sewajarnya atau ada batas batas tertentu, gak baik kan kalau kita posesif dengan doi. toh dia juga bukan suami/istri yang sah kan. mari sama sama saling percaya walaupun kita juga gak tahu apa yang sedang terjadi disana
  4. doa. banyak banyakin doa deh, kirim aja tu doi “fatihah” biar gak selingkuh atau setia ma kita. niscaya deh…. buktinya kalau doa kita gak diterima pasti dibalikin ama Tuhan, toh sampai saat ini gak ada malaikat yang ketuk pintu trus balikin doa kita kan….

 

met mencoba…..

About these ads

66 thoughts on ““menjaga” hubungan jarak jauh

  1. gpkpalma mengatakan:

    aku setuju banget akhir-akhir ini jarang komunikasi ma do’i thanks ya…….

  2. alfaroby mengatakan:

    @gpkpalma makasih kembali

  3. M Shodiq Mustika mengatakan:

    good luck
    semoga Allah memberkahi

  4. alfaroby mengatakan:

    @M Shodiq Mustika = semoga Allah memberkahimu juga

  5. anakjalanan mengatakan:

    Hem,,Salam kenal ya!!Wah…Manis Ni Kata2 nya.Aku Boleh Ngopy Paste Ga!!! hihihihihihi. so Itu Pernah Ku alamin.Kalau Boleh Kontek Aku Ya.Makasih

  6. alfaroby mengatakan:

    @anakjalanan : copy paste aja gak pa pa kok, asal dicantumin ngambilnya dari mana ya.
    see you

  7. [...] bagaimana cara menjaga hubungan jarak jauh…? [...]

  8. wennyaulia mengatakan:

    yang susah tu komunikasi itu…
    *sigh

  9. alfaroby mengatakan:

    #wennyaulia = ya mesti merelakan mengeluarkan biaya pulsa dong… cinta kan memang butuh pengorbanan

  10. luna mengatakan:

    bener bgt tuch..
    ud staon ne gw jalanin long distance love gto..
    all of your are true..
    thx

  11. alfaroby mengatakan:

    #luna = sama sama

  12. wida mengatakan:

    jujur kyknya paling susah,.. curigaan mulu,.. ;)

  13. alfaroby mengatakan:

    #wida = ya harusnya saling percaya dong… saling pengertian satu sama lain

  14. @yien mengatakan:

    Aku setuju banget tuh…..!saling percaya n komunikasi mang modal utama pacaran jarak jauh…..!doain ja ya biar hub ku ma dya tetap bertahan…,Amin

  15. misra mengatakan:

    AsSaLaMuAlAiKummmm…..AfWaN AkU NgOpI PaStE.hAbIsNyA AkU BuTuh:)

  16. aya mengatakan:

    askum……….wah keren tuh,ak prnah ga2l longdistance and skrg jg lg longdistance.doain aja yach moga2 awet.ak coba deh saran2nya,cayooooooooooooooooo……….

  17. [...] by alfaroby in nasehatku, pengalamanku, seriusku. trackback melanjutkan pembahasan mengenai menjaga hubungan jarak jauh yang pernah aku tulis… ada satu hal yang terlewatkan dan terlalaikan dari pembahasan [...]

  18. etha mengatakan:

    ney q mw jalanin sebenernya q ga siap aja tp cwoq slalu bilang percaya n tetep sayang ma aku…y aku harap smuanya akan sesuai dengan apa yang dihrpen bersama. gut luck dech!

    • alfaroby mengatakan:

      yap. yakinkan pada diri anda sendiri bahwa anda pasti bisa,,, anda pasti mampu untuk bertahan,,, komitmen dan kepercayaan yang kuat adalah kuncinya,,,, semoga sukses sampai ke pelaminan,,, AMIN

  19. Reza mengatakan:

    Saling percaya,dan yang paling penting,mempunyai impian yang sama

    • alfaroby mengatakan:

      benar sekali mas reza… kepercayaan untuk saling meraih mimpi ke depan memang diperlukan,, sehingga setiap pribadi mempunyai peran untuk saling mendukung satu sama lain..

  20. nina mengatakan:

    yup sebentar lg aq juga ngerasain long distance
    siap ga siap ya harus siap….
    mdh2an impian2 qt berdua bisa terealisasi,amien..

  21. Ina mengatakan:

    6bln yg lalu aku ditinggl pcr ke luar kota. BT bgt rasanya, mana aku tu orgnya posesif lg.. Aku pacrn ma dia udh hmpir 2thn. Aku msti gimn ya supaya hubgnku ma dia bs langgeng..?!?

    • alfaroby mengatakan:

      hubungan anda yang terjalin selama 2 tahun merupakan modal yang berharga dan pondasi yang kuat dalam menjalin hubungan jarak jauh,,, apa yang sudah kalian jalanin merupakan sesuatu yang istimewa dan akan selalu terkenang dan menjiwa sehingga kalian bisa saling menjaga dan saling mendukung satu sama lain demi meraih mimpi bersama-sama… semoga sukses ya mbak nina

  22. iia mengatakan:

    mmh.. kalo kangen biasanya ngapain aja?
    pernah berfikir buiat kabur ga??
    bisaa na yg diobrolin kalo laggi sms or tlp tuh apa?gmana supaya ga bosen??
    spy ttp stia? gmana spy doi percaya ya?
    ldr tuhh berat banget..
    gw bisa gila jalanin hub ky gni…
    mmh kalo bisa, kirim balesanna ke ria_smartlovejesus@yahoo.com ya..
    trims banyak. seneng bisa sharing bareng.

    • alfaroby mengatakan:

      kalau kangen ya langsung telp atau SMS dia…

      pernah beberapa kali untuk kabur,, tetapi kemudian aku berpikir dengan jernih sebenarnya apa yang selama ini telah kita jalani apakah dengan begitu mudahnya hilang sirna

      obrolin apa saja yang ada di benakmu, bahkan mungkin beberapa hal yang sepele dan terkesan ngapain sih di obrolin, karena nanti akan terbentuk sendiri komunikasi yang baik ketika kalian sudah mengerti bahwa komunikasi tidak hanya melalui SMS atau telepon, tetapi komunikasi dari hati

      supaya tetap setia dengan pasangan kita sebaiknya kita tidak “bermain api” dengan teman, kerabat atau kenalan kita…

      kepercayaan timbul karena ada bukti dan adanya komitmen yang kuat dari kalian,

  23. ThA" mengatakan:

    Thanx bgd ma tips’a ya..Cuz gw dah pcrn jrak jauh slma 6 bln..Sumpah!!Gw syg bgd ma dy…Thnx ya gw akn coba cra’a

  24. Jojo mengatakan:

    Thx yow buat tipsnya. .walopun brat di ongkos, tapi gw sayang bgt ma dy. .doain langgeng yha. .

  25. vicha mengatakan:

    aku seneng bgt baca artikel ini tanks ya akan aku coba

  26. vicha mengatakan:

    ok tanks ya wat masukannya aku seneng bgt sama masukannya

  27. cita mengatakan:

    gmn ya kalo qt pengen ngebis sendiri tapi ga boleh sama doi?
    dibilangnya ga aman..
    padahal q udah gedhe..udah 17+1=18…
    aneh ya doiQ, gmn cara ngasi tau dianya?

    • alfaroby mengatakan:

      emm,,,, di ambil sisi positifnya aja cita, aku yakin, dia tuh khawatir banget sama kamu, orang khawatir itu kenapa hayo? kan itu tandanya sayang kan?,,, coba kasih pengertian kepada dia bahwa cita akan berjanji jaga diri baik baik

  28. Titi mengatakan:

    ass..pagi..menarik jg klo ngomongin hubungan n percintaan…mmm sebenernya tmn saya ngalamin juga hub. jarak jauh, ato lebih tepatnya pernah…walopun sekarang mereka sudah putus,tp saya ingin lebih memahami…syapa tau (jodoh kan kita g tau ya) saya dpt pcr jarak jauh lgi…ok to the point ya…saya setuju dgn pernyataan “usahakan komunikasi dgn rutin walopun tidak tiap hari” mereka pun melakukannya,,walopun tidak via sms,,tp mereka lbh sering onLine YM,komunikasi ini justru jadi kebosanan buat prianya. awalnya saya pikir,sbg pasangan kita harus perhatian,,apalagi dy jauh n sendiri disana,tp justru itu yg jd boomerang buat mereka…(sampai saat ini sy pun masih bingung…sebenernya seperti apa ya yg tepat…
    yang kedua point percaya,,,saya merasakan wanita itu percaya 100% kpd pasangannya…tp maaf kepercayaan itu malah tidak terjaga nyambung dengan point kejujuran yg jadi bom waktu..ketika sang wanita menemukan ketidakberesan…jadi gmn ya seharusnya kita bersikap..?
    ketika komunikasi dan perhatian membuahkan kebosanan serta kepercayaan 100% yg tidak terjaga, justru malah dimanfaatkan…?
    saya perlu sudut pandang dari pria..apa yg mesti dilakukan,,utk sdut pandang wanita sudah mulai paham,,o ya mohon ya sarannya trims banyak ya… ;)

    • alfaroby mengatakan:

      komunikasi disini adalah bukan hanya lewat YM, tetapi saja anda melakukan lewat SMS, atau lewat Telp,, atau bahkan anda tiba tiba menelpon teman dekat dia supaya menyampaikan salam yang unik kepada dia, atau bahkan komunikasi juga bisa dilakukan dengan anda menelpon dia hanya 10 detik saja, disini akan terungkapkan kira kira apa yang akan anda utarakan dalam 10 detik yang berharga tersebut,,, dan masih banyak komunikasi komunikasi yang lainnya

      cowok ketika bohong adalah saat mengungkapkan sesuatu yang menjadi aib dia sendiri, atau terkadang malu, atau dalamkondisi yang sibuk, atau dalam keadaan terdesak, cowok jarang ada yang mau diganggu ketika dia lagi asik ngobrol dengan teman temannya atau sedang melakukan olah raga yang disenanginya,…

      kebosanan timbul karena kerutinan yang itu itu saja,,, perlu dilakukan percikan percikan yang unik, misalnya, anda tiba tiba memberikan surprise bagi dia dengan datang ke rumahnya secara tiba tiba tanpa pemberitahuan sebelumnya, atau anda menyanyikan sebuah lagu kesukaannya atau bahkan tiba tiba anda mengirimkab sebuah surat kepadanya,,, dan lain lain

  29. Titi mengatakan:

    Titi :
    ass..pagi..menarik jg klo ngomongin hubungan n percintaan…mmm sebenernya tmn saya ngalamin juga hub. jarak jauh, ato lebih tepatnya pernah…walopun sekarang mereka sudah putus,tp saya ingin lebih memahami…syapa tau (jodoh kan kita g tau ya) saya dpt pcr jarak jauh …ok to the point ya…saya setuju dgn pernyataan “usahakan komunikasi dgn rutin walopun tidak tiap hari” mereka pun melakukannya,,walopun tidak via sms,,tp mereka lbh sering onLine YM,komunikasi ini justru jadi kebosanan buat prianya. awalnya saya pikir,sbg pasangan kita harus perhatian,,apalagi dy jauh n sendiri disana,tp justru itu yg jd boomerang buat mereka…(sampai saat ini sy pun masih bingung…sebenernya seperti apa ya yg tepat…
    yang kedua point percaya,,,saya merasakan wanita itu percaya 100% kpd pasangannya…tp maaf kepercayaan itu malah tidak terjaga nyambung dengan point kejujuran yg jadi bom waktu..ketika sang wanita menemukan ketidakberesan…jadi gmn ya seharusnya kita bersikap..?
    ketika komunikasi dan perhatian membuahkan kebosanan serta kepercayaan 100% yg tidak terjaga, justru malah dimanfaatkan…?
    saya perlu sudut pandang dari pria..apa yg mesti dilakukan,,utk sdut pandang wanita sudah mulai paham,,o ya mohon ya sarannya trims banyak ya…

  30. ary kristanti mengatakan:

    aku setuju banget, tapi cowoku telpn nya gk mesti 3x seminggu, tergantung jadwal terbangnya. kalo kejujuran pastilah, mana ada cewek yang mau di bohongi, percaya OKelah, Doa pasti itu dan wajib, karena hubungan tidak akan langgeng tanpa doa.

    • alfaroby mengatakan:

      benar sekali mbak, kejujuran sangat penting dalam hal ini, karena itu merupakan modal yang kuat bagi kalian untuk menjalani hari hari belirik layar HP atau menunggu dering ponsel dari pacar anda,, hehehe

  31. ary kristanti mengatakan:

    asik juga bahas soal cinta jarak jauh, aku sekarang lagi ngalami itu. rasanya kangen banget kalo udah 1 minggu bahkan 1 bulan gak ketemu. dan pas lagi dapet sms dari dia, waduh leganya, sampe kebayang terus.

  32. trianda..... mengatakan:

    waaahhhh….saran’y bagus+betul banget…..
    skrank ak agy ngjlnin hub jrk jauh ne,rsa tkut slu ad gga prnah ilank.prcaya sh prcya,v rsa tkut it muncul hnya krna ak tkut bnget khlangan doi…..
    v stlah ak baca saran dr kmuh,akuh jd mkin tnank ne ngjlnin’y….
    mksi yua saran’y,,,moga km bs suskes”amieeennnn…….
    lams knal z yua………

    • alfaroby mengatakan:

      terima kasih atas kunjungannya trianda,, semoga tulisan di atas bisa bermanfaat bagi kita semua,, AMIN,,,

      sebenarnya rasa takut akan kehilangan seseorang yang kita cintai adalah hal yang wajar, bahkan kalau boleh saya mengutarakan hal tersebut adalah wajib untuk dirasakan, asalkan yang menjadi catatannya adalah masih dalam taraf yang wajar,,,
      trianda harus bisa lebih mengontrol diri, ketika rasa takut kehilangan itu muncul dan membesar, terkadang yang berjalan adalah logika kita, hati kita hanya terdiam, yang ada malah marah marah nggak jelas dan lain lain,,,,

  33. cheerfulgirl mengatakan:

    G enak emang LDR an ma pacar, la gimana lagi ini kayaknya udah waktunya kita berdua njalani hidup yang model ini. Kadang rasa kwatir akan ketidaksetiaan pasangan sungguh mengganggu ketentraman hati.Perkiraan akan kegagalan dimasa depan sering terbersit dibenak.Aq sering menyebutnya Mind set. Dan gawatnya selama ini, aq sering melakukannya. Sejauh apa yang telah aku lewati, kebanyakan maid setq itu terbukti benar. Gawat kan kalau aq selalu membuat perkiraan2 yang buruk tentang hubunganku.Yah aq c belajar untuk tenang memikirkan segala hal.karna siapa c yang mau gagal membina hubungan yang sudah berjalan lama. Inti dari semua ini adah kita harus positive thinking pada pasangan. Membayangkan semua akan berjalan sesuai rencana ketika kita masih berada didekatnya. Yhh kalau emang udah jodoh g bakalan kemana dah….kalaupun kita udah berusaha mempertahankan LDR namun masih gagal jg . yah terima aja itu sebagai takdir yang emang bener-bener diluar kuasa kita. Dan yakinlah bahwa pasti ada pengganti yang lebih baik yang akan menjadi jodoh kita kelak.Amien

    • alfaroby mengatakan:

      kalau bahasa anda dengan menerima sebagai takdir saya juga setuju, tetapi dalam bahasa saya lebih pada menjalin hubungan yang lebih dinamis, jika memang hubungan pertemanan lebih dinamis daripada ketika anda berpacaran, maka lakukanlah, yang penting di sini adalah hubungan silaturrahmi harus tetap terjalin selamanya

  34. poelsa mengatakan:

    assalam,, gw juga lg ngalamin LDR buat yg k2 kali y,gw dh pcaran 8bulan, tp yg ini lbh brat,cz cw gue prgi ke jerman buat skolh d sana,komunkasi ok,tiap da waktu kita slalu sms,telfon,atau chatting,namun yang jadi kendala itu tetep komunikasi,kta b2 kaya udh mngalami kejenuhan. dari bahan yg udah garing,n smacem y, punya saran ga gimana cara y biar bisa nyari bahan yg enak buat di obrolin..

    • alfaroby mengatakan:

      obrolin hal hal yang menarik, yang belum pernah anda obrolin sebelumnya, atau tentang masalah selama sekarian yang anda lakukan atau bahkan mungkin kalian membicarakan tentang kejadian kejadian yang lucu dan unik dalam hidup kalian, jangan pernah merasa tidak ada ide untuk dibicarakan,
      seseorang pasti suatu ketika mengalami titik jenuh, tapi bukan berarti hal tersebut menjadi faktor yang menyebabkan keratekan hubungan kalian, berbicaralah dan berdiskusi mengenai apa yang anda rasakan itu merupakan modal yang berharga untuk saling pengertian

  35. yubie mengatakan:

    hmmmm…bagus btg nih topiknya…..
    apa lagi q skrng lg ngjalanin LDR jg….
    tp yg anehnya,,,,,,,telfon itu malah menimbulkan konflik terus wat hubungan kami….
    di tambah lgi doi yang cuek, & aq nya yg manja…
    gmn dong????
    sebaiknya aq yg mengikuti alurnya atau doi yg mngikuti alur q??? hmh

  36. yana mengatakan:

    sangat setuju, itu semua memang sangat di butuhkan, supaya hubungan jarak jauh tetap awet dan terjaga. sippppppp

  37. Mei Marlina Magdalena mengatakan:

    Aku setuju,,
    Tpi pcarku udh mulai jarang bls SMS ku,
    Pdahal aku sdh blg kalau aku kangen,
    Tp dia tetap aja gak peduli,
    Kalau aku telfon dia,
    Dia selalu bilang kalau dia sibuk atau malu. . .
    Kadang2 aku nangis sndiri krn dia gx pduli sama aku. . .
    Aku kangen bgt sama dia. . .
    Aku takut dia selinkuh.
    Pernah aku minta putus,
    Tapi dia bilang dia sangat mncintaiku. . . .
    Dan gx mau kehilangan aku,
    Aku bingung,
    Disatu sisi,
    Aku mau pisah dan lupain dia
    Tp disatu sisi,,
    Aku juga sangat mencintainya walaupun aku baru 3bln jadian dgnnya. . .
    Aku harus gimana ya’???

  38. falaina mengatakan:

    ehm alfaroby gmna yah cwo gwe mao ke singapura skitar 6 bulan untuk kerja disana, gwe khawatir ajj sama dya dan gwe bngung komunikasi yg pling efektif via apa. apa via blackberry ckup ?

  39. Bukan Pahlawan berparas tampan mengatakan:

    numpang lewat yeah…
    Gampang bgtz tuh,,cra ngejalanin cinta jarak jauh..
    Gue dah 5 tahun pacaran jarak jauh,,ktemuan cuma 1 x dlm 1 tahun..
    Tapi gue cuma bisa percaya dan bisa memaklumi doi dlm k’adaan apapun..
    Yg pasti,,jgn terlalu curiga dgn doi,,
    Krn prasaan itulah yg mmbuat dri sndri mrasa di bhongi..
    Dan 1 lagi,,jgn terlalu bnyk menuntut sama doi,,karna itu jga mmbuat doi jdi mkir 2 x..trimzzzz…

  40. hahahah…yang ke 4 kirim doa bodor banget kaya doi mau mati aja xixixi

    tapi bener deng mang harus kaya gtu,lagi ngalamin ni ldr beda pulau hihihi

  41. upay mengatakan:

    semoga aku berhasillll….

    semangat minta doa nya dari semuanya :D

  42. Emma mengatakan:

    Ano, in q sdng mnjlani hub. Jrak jauh am ank swiss. Mslahny kmi cuma kontek pke fb, 1 pesan 1 hari.
    Sblum q tny no x dia udh bilang dluan “oneday i’ll give u my indo numb. Asap i wish”
    tp smpe skrang dia msh gk ngsih no ny. Kmrin q mau ngsih dia kado ultah dia blang alamat rumh it privasi.
    Kmi ktmu cuma 1 kli. Smpe skrg gk prnh ktmu lagi.
    It g mn cra biar awet?

  43. noviana mengatakan:

    mmg bner hub jrak jauh tu btuh komunikasi yg sesering mungkin tp klu rasa kpercayaan itu udh hilang gmna donk

  44. Hery Oy mengatakan:

    terkadang do’i susah bwt percaya, meskipn saya udh jujur…
    bahkan do’i pernah neLp nyokap nanyain saya lagi di mana, padahal saya udh bilang kL saya Lagi kerja Kluar kota…
    gmna ea cara doi gx curiga’N teruZ Ea…!

  45. mayoras muhammad mengatakan:

    thank’s bro ats sranx. smoga ALLAH merahmatimu. Amiiiiin!!!!

  46. Robby Chaniago mengatakan:

    Aq setuju. . . Skrg qu lgi mengalaminya ne. . . Tanks . . .

  47. Laily mengatakan:

    eemmhh..
    iyya juga siih..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: