cara menghadapi calon mertua

mungkin ini terlihat sebagai sesuatu yang gak penting, akan tetapi dari beberapa penelitian mahasiswa psikologi ternyata banyak hal yang menyebabkan seseorang langsung diterima oleh calon mertua dan beberapa lagi yang masih belum bisa diterima oleh calon mertua, bahkan yang ekstrimnya sampe di tolak langsung saat itu juga, aih,,, kejamnya…..

aku disini bukan maksudnya untuk menggurui atau bersifat sombong, mari kita berdiskusi secara hangat dalam suasana yang damai aman dan tentram terjaga selalu, OK

pertama, cobalah mengenal calon mertua mu, hal yang bersifat sepele saja contohnya nama lengkapnya sapa (masak mau ngobrol dengan camer kok gak tahu namanya), pekerjaan camer mu dan beberapa sifat yang menonjol yang dimiliki oleh camer mu. informasi tersebut bisa didapatkan dari pacar kamu atau langsung tanya pada tetangga camer mu (kalau nekat sih…)

kedua, usahakan untuk berpenampilan yang jangan terlalu berlebihan dan jangan terlalu awut awutan, kalau anda berpenampilan megah… anda akan dikira orang kaya, dikira anak orang kaya dan punya uang banyak. padahal……. (he he he) kalau anda berpenampilan yang awut awutan anda akan terkesan sebagai seorang calon menantu yang bakalan gak bisa memberi nafkah anaknya. ya udah, langsung ditolak di tempat mungkin (hi hi hi…)

ketiga, cara ngomong jangan sombong, rendah hati saja. usahakan setiap apa yang diomongin oleh camer tuh diperhatikan, walaupun tegang tapi jangan sampai terlihat kalau anda ketakutan akan ditolak atau tidak diterima. jangan pula anda sombong merasa akan diterima oleh camer. (sok keren lah pokoknya… ha ha ha)

keempat, jawablah semua pertanyaan camer dengan tegas dan tidak bertele tele, usahakan untuk selalu tersenyum dan bersikap bersahabat. karena dalam kacamata camer, anda akan terlihat sebagai calon ayah yang bisa membimbing istri dan anak anak. (aihh..,… so sweet)

kelima, nih yang terakhir dan jangan sampai mengeluarkan kata kata seperti yang tertera dibawah ini, walaupun terpaksa saya sarankan dengan sangat agar tidak mengatakannya juga,karena anda sedang bermain dengan masalah nasib (gambling). kata kata tersebut adalah

dancok

bapak gila

wah, istri anda seksi banget

anak anda cantik benar, dulu sunat dimana ya pak…

maaf saya menghamili anak bapak

About these ads

48 thoughts on “cara menghadapi calon mertua

  1. prabuwardhana mengatakan:

    Semua udah aku praktekin mas.Tapi tetep aja gag bisa jadi menantunya…

    he..he..he..

  2. alfaroby mengatakan:

    ada pepatah yang pernah ku dengar,
    jika tidak bisa mengerjakan semua, ya jangan terus ditinggal semua.
    lakukan sebisa dan semaksimal mungkin

  3. myovan mengatakan:

    mertuaku centil habis dan penggaya walau dr kampung, sementara aku yg terbiasa sederhana n apa adanya (aku berasal dari keluarga apa adanya), ternyata mengata2iku kampungan (waktu pacaran), hal itu kudengar dari teman adik pacarku. temanya itu kesal dan menceritakan semua yg pernah didengar dari mertuaku. aku bisa memastikan benar tidaknya apa yg disampaikan karena aku sendiri sudah gagal menghadapi mertuaku itu.

  4. x mengatakan:

    camerku kolot. kita uda gpp pacaran tapi sering tlp aja pacarku takut

  5. mia`an mengatakan:

    aku takut sama mertua klo aku di tanyain yg macem2 soal aku gak bisa pede kayak orang2

  6. faiz mengatakan:

    (calon) mertuaku pinter, penuh strategi, tapi (maaf) keras kepala. Di depanku, beliau bersikap manis. Ternyata, di belakangku beliau menyatakan bahwa sikapnya itu hanya dimanis-manisin (smart kan? pinter kan). Beliau tidak dengan serta merta menolakku, tapi dia meminta putrinya (calon istriku) untuk mengenal pria lain… Nanti, katanya, kalo putrinya udah kenal dan bisa mencintai pria lain itu, maka putrinya itu diminta meninggalkan aku dengan alasan “istiharah”nya tidak menunjuk ke aku (penuh strategi kan? luar biasa kan?). Dan ini, sudah banyak cara kulakukan agar beliau mau memandang saya dengan kedua mata (menghargai – red) aku, tapi ternyata tidak ada satu hal pun yang kulakukan yang beliau pertimbangkan. Beliau tetap meminta (ah, lebih tepatnya memaksa kali ya :D) putrinya untuk menikah dengan pilihan beliau dan meninggalkan aku (Keras kepala kan? Kepala batu kan?). Nah loh, kalo mas alfaroby jadi aku, mo gimana coba? :D

    • mei mengatakan:

      kl calon mertua yang perfecsionist gmn cr ngadepinnya,padahal saya tidak punya sesuatu yg bisa saya banggain,termasuk harta,level,pendidikan,dll
      sebenernya harta itu pengaruh ga sih????dan gmn cr mengatasinya

  7. tya mengatakan:

    wah mas… saya juga kemaren sempet disayang banget sama mantan calon mertua saya. apalagi papanya mantan saya itu sayang banget sama saya tapi ya anaknya itu yang ga sopan.. masa papanya aja udah suka ama saya eeh..malah dianya yang mecat saya…hehehehe… apa saya musti pacaran sama papanya aja ya??????
    btw salam kenal bossssssssssssss………………

  8. alfaroby mengatakan:

    @tya = wuih… ya gak gitu lah, masak gak dapat anaknya trus ngejar papanya, he he

  9. Deasy R mengatakan:

    aq lagi takut banget neh cz mau dikenalin sama camer. soalnya aq sama pacarku beda status sosial dah gitu pacarku nurut banget sama ortunya.klo ortunya ga cocok yg ga mungkin hub ini kami terusin. so, nasib hubunganku ada ditangan ortunya hikz hikz

    klo ma pacar sebelumnya aq dah diterima dg baik, eh pacarku doyan selingkuh. Capeeee Dechhh

  10. alfaroby mengatakan:

    @deasy R = sabar nggeh,… yang penting adalah usaha dulu semaksimal mungkin, mending saranku jadi diri sendiri aja (your self), aku doakan moga sukses deh hubungannya. amin amin

  11. riE mengatakan:

    “Maaf saya menghamili anak Bapak” kata2 ne yg maw gw omongin besuk ke camer..

    kira2 respon camer gmna y?? suerrrr

  12. alfaroby mengatakan:

    @rie = he he he… respon camer juga akan biasa aja kok, paling paling camer akan ngomong kayak gini “makasih ya nak, eh ya… mau bermalam di rumah sakit atau langsung milih di pemakaman” he he he

  13. martina sari mengatakan:

    iYa ne 4ku taKut bangeEeeT ma calon Mertua aku………..
    taPi dia 0r@ngnya baIk baNgEEEeet lho……………….
    k@ren@ aku di ruMah Selalu beRcanda ma father and mather aku………..
    jadi kalau orang tuanya serius dan g pernah bercanda ma aku apalagi anaknya
    itu yang membuat aku J4dI takut

    • alfaroby mengatakan:

      bener juga, trkadang dari bercanda, gelak tawa, akan menuju keharmonisan keluarga, tidak terlalu kaku, semuanya permasalahan di selesaikan dengan kekeluargaan…

  14. Widia wulandari mengatakan:

    aq ksel bgt sma mertua &ipar2ku matre bgt.tiap dtlp psti yg dbhs duit za,gprnh dia tnya kah kbr cucunya.ada aza alasannya klo kami telat krim(suka mengada-ada)sdgkn sumiku gbsa mndgr klo kluargax susah.kmi sering di bohongi iparku,ktx mertuaku skt prh minta kriman uang tau2nya di pake nya main perempuan&judi.aq kesal sm smua ini tp aq gmau membebani suamiku dgn komentarku,pkokx smua memanfaatkn sumiku,sdgkn aq& ankku berusaha hidup hemat.pdhl anak mertuaku bkn cma suamiku sja,kta saudaranya itu kluarga mls tp matre,sekali dikasi minta2 terus gtau malu,makan hati dech………………..

    • alfaroby mengatakan:

      sabar…. widia,,, coba mending di diskusikan dengan suamimu, ngomong baik baik dengan mertua dan ipar kamu, semoga permasalahan ini bisa cepat selesai. Amin…

  15. lie shepanjank mengatakan:

    ane bingung..camerku orang pinter di bidang keagamaan sedangkan ane ga bisa apa2..bingung mo ngbrol apaan..manyun

    • alfaroby mengatakan:

      jangan pernah tidak PD jika bertemu dengan mertua, obrolin apa yang menjadi keahlian mertua kamu, apalagi dia jago di bidang agama, ya ngobrol aja masalah agama yang ringan-ringan dulu, tanya tentang hukum ini itu, atau masalah yang lagi pelik di Indonesia, pertanyaan anda paling tidak dapat mendorong untuk sarana berkomunikasi dengan mertua anda, dan itu merupakan nilai plus tersendiri jika anda sudah bisa berkomunikasi secara [ositif dengan mertua anda,
      semoga saran dari saya bermanfaat untuk anda,.

  16. tanhar mengatakan:

    doain aq yaaaaa….

  17. Dicky Wijaya mengatakan:

    Dear om Alfa,,,
    nyokapnya pcr aq rewel bgt, tdnya doi setuju,pas tw sy beda agama dy ga setuju, truz sy dsuruh ikut ke t4 ibadahnya, meskipun merasakan ada paksaan keyakinan aq coba berkorban. sekarang ga setuju lagi cuma gara2 saya gak bisa jemput bonyoknya yang lagi jualan makanan, pake mobil kesayangan bokap. (bayanganin om, kompor item,panci kotor,piring2 kotor,minuman) bisa ditabok bokap aq. aq alesan gak bisa karna mw nemenin adenya pacarqu yg sendirian di rumahnya. eh, doi ngambek, ampe bilang aq ga perhatian ama keluarganya. skrg pacar sy sendiri bingung ama sikap ortunya, ampe ngajak aq kawin lari. mnurut om, aq lanjutkan aja meskipun harus kawin lari atau emang gak bisa dilanjutkan lg?

    • alfaroby mengatakan:

      gini mas dicky…. coba dibicarakan pelan pelan dengan keluarga pacar anda… saya yakin,, jika niat anda baik maka diskusi tersebut akan berjalan lancar,,,, saya menyarankan bahwa pernikahan itu adalah hubungan 2 keluarga,,, jika kawin lari,, maka tidak akan terjalin hubungan 2 keluarga, yakni keluarga mas dicky dan keluarga pacar anda,,, anda harus berani untuk mengutarakan pendapat dan gagasan anda di depan keluarga pacar anda, bahkan di keluarga anda sendiri anda harus bertanggungjawab dan berani untuk apa yang akan anda lakukan sendiri… sukses untuk usahanya ya mas….

  18. adit mengatakan:

    halo…btuin gw donk…gw pnya bkin dia bda keyakinan ma gw dan ditmbh nyokap gw yg krang respect..tpi klo bkap ya terbilang netral aj..sich…

    nah pdhal dia tuh..baik ma gw.. gmna ya cra nya…??

    • alfaroby mengatakan:

      masalah beda agama memang bukan masalah yang mudah,,, diperlukan komitmen yang kuat antara kalian berdua, langkah yang perlu diambil adalah seberapa kuat komitmen anda, yakinkan diri anda sendiri terlebih dahulu,,, jika perlu minta konsultasi pada saudara, teman atau psikolog sehingga pilihan yang akan anda buat benar benar sesuai dengan hati nurani anda sendiri,,

  19. Nathe mengatakan:

    dear friend.

    blakangan ni pacar sy minta sy kerumah’a untuk dikenalkan pada mama’a sekaligus mengadiri sebuah syukuran kecil2an. sy jd bingung hrus bgaimana sikap sy untuk mengambil hati si CaMer [secara alami tentunya, baik dalam sikap maupun sifat] agar beliau tidak menilai sy buruk dalam sikap…sy seorng gdz yg malu n canggung pda situasi yg diam n sering menutup diri dri keramaian, n kurng prgaulan jg [lengkap dah] (tidak trmasuk dunia maya). sy pun tkt beliau tidak menerima kehadirn sy, yg jg berarti sy n pcr sy trpaksa ‘break’…sy msih tergolong ank2, n ank2 tu tkut akn kkcewaan [trgantung ank tertentu].
    beliau termasuk wanita yg pinter mendalami bidang keagamaan, sy senang mendengar hal itu dr pcr sy…
    psti beliau tw betul bgaimna mantu yg baik untk ank’a [pcr sy]

    tolong beri kiat2 ato saran, ato nasehat ato apalah, untuk seseorang sperti sy yg pe_de ini…
    thans a lot . . . :)

  20. ayu mengatakan:

    dulu, bakal calmerku sombong, apalagi adik pacarku…, sempet aku ngasih tau pacarku via sms yg isiinya sekedar ngingetin utk ngasih uang jajan buat adik bungsunya, sama dengan pacarku ngingetin aku utk selalu perhatian ama adek adek…., dan ternyata sms yg aku kirim di baca adeknya dan di jawab gini ” urusan apa lo sampe nyuruh kakak gue mesti ngasih duit segala ???? , aku pun langsung minta maaf kalo dah bikin dia tersinggung, tapi yg terjadi malah lebih parah lagi, jawaban sms dia selanjutnya berisi ” GAK SEMUA ORANG MEMAKLUMI KEBODOHAN KAMU, KASIAN KAKAK GUE PUNYA CEWEK BODOH KAYAK ELO…!!!!! tanpa menunggu esok hari….dan berbasa basi, aku langsung putusin pacarku setelah aku jelasin semuanya tentang hal ini…..soalnya aku pikir, belom jadi kakak iparnya aja aku udah di hina gini apalagi kalo ntar udah resmi…..bikin aku merinding kalo inget itu….

  21. fitri mengatakan:

    aq wanita yg akn menikah, pertama aq kenal Camer orngnya baik n perhatian. 2 bln lg mo nikah aq dpt musibah dipecat dr perusahaan. tiap aq ke rmh Camer yg dibahas uang buat nikah kuranglah, biz ngeluarin uang sekian buat inilah, itulah……
    Saya bingung ngadepinnya, klo msh pacaran sih tinggal diputusin aja pacar q, ini 2 bln lg mo nikahnya, udh kebayang donk ntar klo tinggal sermh gmana menderitanya aq. palagi calon suami q anak bungsu yg harus tinggal sermh dg Camer. Help Me!!!!

  22. Roma mengatakan:

    camer gw matre, selalu berusaha pisahin gw dari anaknya walau sang anak tak mau pisah dari gw…banyak strategi yang dipake camer gw untuk bisa pisahin gw…
    sampai kapan bisa bertahan cewe gw dengan ulah ortunya itu

  23. manggas mengatakan:

    Topiknya asik banget seperti qu saat ini sedang berhubungan jarak jauh dan rencana sih mau tunangan tp kepikiran kira2 hadapi mertua sama kayak kita waktu disidang waktu kuliah ga ya tau interview pas waktu mau kerja……………….kira2 jurus yang aman yang mana ya ???

  24. bezo mengatakan:

    maaf aku pngen curhat masalah menghadapi orang tua pacar sekaligus menghadapi sodaranyaa yang pertama2 tidak setuju.tapi sekarang ko malah menyetujui.saya takut ada apa2 tolong whisp saya d YM : bezoscooterist@yahoo.com

  25. imey mengatakan:

    4.

    q pacaran dah 2,5 bulan, cowokku akan ngenalin q ke ayahnya tp masih nunggu wktu yg bagus karna ayahnya beda dg orang tua yg lain. cowokku berasal dr keluarga kaya & ayahnya sgt berpengaruh. beliau punya 2 syarat yg harus dipenuhi calon menantunya. pertama, pendidikan ga masalah yg penting dr keluarga yg kaya juga atau ga masalah dr keluarga miskin asal pendidikannya tinggi. nah klo itu q dah penuhin dg pilihan yg terakhir. tp masalahnya syarat yg satu ini yg susah q penuhin,yaitu kedua, ayahnya sgt percaya dg hitungan jawa dan sgt teguh prinsipnya, sedang kami jg lom tahu hitungan jawa kami baik apa buruk hasilnya. selama ini cowokku sering beda pendapat dg ayahnya, bahkan dia sndiri ga peduli seandainya nnt ayahnya tdk merestui hubungan kami, dia tetap nekat utk menikah meski harus meninggalkan fasilitas dr ortunya. tp kami upayakan agar mendapat restu dr ayahnya, makanya kami sgt hati2. gmn donk mas cara menghadapi camer agar hubungan kami direstui. tlg balas ya,

  26. Prima Prakoso mengatakan:

    aku mau nikah, tapi belum ada uangnya, trus calonku minta aku segera nikahi dia, aku cuma punya waktu 10 bulan, atau “selesai” semua..T.T kayak apa ini menghadapinya..

  27. roz mengatakan:

    mas,sya pcran ud 7thn, keluarga pacar saya selama ini baik2 aja,,bahkan setiap ada acara saya selalu dikabarin..nah yang saya permasalahkan ini??
    :: pcr saya 2 bersaudara..dia anak pertama,,nah adiknya punya pcr juga,,nah yang aku bingungin kenapa aku sama cowoku yang slalu diurusin..(kan ribet jadinya) sedangkan adenya itu gk terlalu diikut campuri..lagian adiknya itu jarang bawa pacarnya kerumh camer saya…dan yg paling saya jengkelkan..TERNYATA pcar adiknya pacar saya itu,,suka ngomongin saya..menurut mas…yang disuka sama camer saya itu sapa???

  28. fahmy mengatakan:

    camerku kumisan…serem

  29. Heni mengatakan:

    pertama kali saya diajak ke pulau sumatera untuk bertemu camer, dia orangnya baik bgt, tapi ada hal yg membuat saya berfikir kalo dia matre, sewaktu jalan2, dia tidak pernah ngeluarin uang, sll minta sama anaknya(wajarlah, toh ke anaknya sendiri kan?), tapi dia sdh berani ngajak saya ke swalayan untuk belanja kebutuhan bulanan, setelah sampai kasir, saya berfikir kok dia diam saja ga ngeluarin uang, otomatis saya yg bayar, setelah itu ngajak saya beli makan untuk calon ipar yg ada dirumah, saya juga yg bayarin,dan lagi ketika saya mau beli souvenir buat oleh2 pulang ke jakarta, dia juga secara tdk langsung minta dibeliin juga (wajar ga sih kayak gitu, mengingat saya blm resmi jadi menantunya?) gimana kalo tiba2 saya jadi pelit dan tdk punya uang lg, apakah dia masih mau nerima saya sbg calon menantu?? binun nie…

  30. adhil mengatakan:

    Aku bingung menghadapi ortu dari pacarku… mereka menilaiku tidak cocok dengan anaknya…padahal mereka belum “MENGENAL” ku… hanya baru tau… mereka lebih setuju dengan mantan nya, sedangkan anaknya tidak nyaman dengan mantan nya… saat ini kami berhubungan tp backstreet… rencana aku dalam waktu dekat ingin berbicara langsung dengan ortunya dan menanyakan alasan apa yg membuat mereka tidak bisa menerima ku, padahal aku menjalani hubungan ini serius dengan anaknya… gimana cara nya aku bisa merubah cara pandang mereka terhadap ku… aku sangat membutuhkan masukan…
    tolong banget ya kawan-kawan…thx

  31. yasmien mengatakan:

    aku gak tw gmna calon mertua ku.
    aku belum pernah bertemu beliau,tp pacar ku sering cerita tentang beliau…
    Gimana ya caranya menghadapi demam bertemu camer pertama kali????

  32. Ryan mengatakan:

    om,,,!!
    sy pnya pcar yg baik,jujur,setia,nurut,(he’s perfect) deeh pkonya..
    tp yang jd masalah bokapnya itu loh yang g stuju am hubungan kita,,entah itu krna faktor materi atau apa lah,sy jg g tau..(tp mungkin lebih menjurus ke faktor materi deh,, :) )
    krna emnk sih doi ank orkay,,jauh deh sm sy..
    n bokap nya mlah nyuruh cwe sy jauh2 dr sy n dia maksa cwe sy bwt nikah sm (calon) pilihan belia,,

    ap mungkin hubungan kita bs d restui sm ortu nya??
    n gmna cara nya? susah juga kn ngadepin camer keras kepala…. :)

  33. indah wulandari mengatakan:

    klo aq “long distance relationship” baru 1 tahun pacaran n kita komitmen untuk menikah,. q sama ibuku ada kesempatan ketemuan sama dy n keluarga pamannya di bulan Juli lalu,. eh, setelah lebaran dy malah nyuruh q benci dy n membuka hati buat cowok lain,. katanya ibunya g ngerestuin hubungan kita,. padahal ibunya belum ketemu ma aq, n dy tuh nurut banget ma ibunya,.
    sekarang dy jarang komunikasi ma aq lgi, katanya takut ketagihan n dy bilang g mau ngasih harapan yang belum tentu bisa dy kasih ke aq,. sekarang kami sibuk urusan masing2 n dy coba ngelobi kluarganya yg lain untuk membujuk ibunya,. kita liat aja ke depannya gimana, lagian dy baru bisa nikahin aq stlh pilpres 2014 ntar, jadi masih ada waktu buat memperpaiki diri masing2 n persiapan internal n eksternal,. juga nunggu ibunya nerima hubungan kita,. jadi blom ada keputusan apapun dari dy, intinya q sabar menunggu dulu, gimana tuh mas alfaroby?..

  34. saya sendiri mengatakan:

    wuihhh..baca komen2nya ngerii.. beruntung sekali saya dapat papa mama mertua yang baik dan sayang banget sama saya :)

  35. isnati mengatakan:

    Aq lg bgg nich,,,,,aq berasal dr kampung,dan kelrga yg sederhana,,,,,aq kenal ma cwok dia ngaku orang biasa hingga kami pacaran,ng taunya semakin kesini aq tw e dia tajir abiz,,,nah akhir2 ini pacarq mau bawa aq ke camer q,,,,aq takut ng bisa betadaptasi dgn camer q krna beda status,,,,,,,”maklum wonk deso masuk kuto”’ hehe gmn nich

  36. handayani mengatakan:

    Saya udh pacaran selama 4 tahun, dan selama itu juga saya blm dapat restu dari camer saya.. Banyak lah alesannya mulai dari latar blkang keluarga, sikap saya dll katanya, saya udh minta putus ke pacar saya kalo ortunya ga bisa terima, tp pacar saya gamaw.. Dia msh tetap berusaha mendekatkan saya sgn ortunya, Camer saya itu orang sangat baik dan berhati mulia terhadap semua orang, termasuk ke saya.. Tp dibelakang dia suka ngomongin saya juga.. ( Intinya mertua saya itu matre, dan sangat takut kehilangan anaknya yg sebagai tulang punggung keluarga saat ini).. Saya harus gmn donk? Tks

  37. tiny Anindyarini mengatakan:

    camer aku suka nyindir.
    aku njok gak enak. sakit sindirane.

  38. cha mengatakan:

    pacaran bru seumur jagung aja camer udh tlp2 blm ada perkenalan dan basa basii tlp prtma lgsung minjem duit.. superrr sekalii kan.. gk tanggung2 lgsung minjem dlm jumlah bnyak abis itu nglarang gw buat cerita ke cowokq.. lhaa dikirannya apa ya pabrik duit kalii ya.. seharusnya kan pihak cwek yg matree..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: