keajaiban air zam zam

est6679.jpg  est6891.jpg est6677.jpg

 

Kehadirannya tak bisa dilepaskan dari sejarah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Air yang paing baik di muka bumi ini adalah air zam zam. Selain bersih, air zam zam juga mengandung banyak khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berjuta juta jamah haji setiap tahunnya mengambil air dari sumur zam zam, namun sumur tersebut tak pernah kering, konon menurut kisahnya, air zam zam tersebut dipakai untuk mensucikan hari Rosulullah sebelum menjalani Isra’ Mi’raj.

Bagaimana asal mula air zam zam ?

Keberadaan air zam zam ini tak dapat dilepaskan dari sejarah Nabi Ibrahin dan Ismail. Jejakan kaki Ismail (waktu masih kecil), saat ditinggalkan bersama Siti Hajar oleh Nabi Ibrahim di padang nan gersang, menjadi lantaran bagi memncarnya sumber air zam zam tersebut, Allah terus melanggengkan pancaran air zam zam tersebut hingga detik ini. Sumber air zam zam tersebut berada di dalam kompleks Masjidil Haram, akan tetapi saat ini pintu masuk air zam zam telah ditutup oleh pemerintah Arab Saudi. Penutupan ini dilakukan untuk memperlancar pelaksanaan thawaf, pintu tersebut memang berada di jalur pelataran thawaf, sehingga saat ini para jamah haji mengambil air zam zam sepuasnya di sisi Masjidil Haram.

Fakta mengenai air zam zam

  1. Air zam zam disebut sebut mempunyai kandungan mineral kalsium, magnesium dan fluorida yang cukup tinggi.
  2. sumur zam zam berada dalam wadi Ibrahim yang mengalir melalui kota suci Makkah Al Mukarromah.
  3. sumur zam zam kini berada dalam ruang bawah tanah, dilindungi oleh panel panel kaca sehingga sumur bisa terlihat dengan jelas akan tetapi ruangan tersebut tidak terbuka untuk umum.
  4. sumur zam zam digali secara manual, dalamnya 30,5 m. diameter bagian dalamnya antara 1,08 hingga 2,66 m.
  5. penyedotan air zam zam kini menggunakan pompa listrik
  6. sebelum didistribusikan pada konsumen dan dibawa ke Madinah, air zam zam disaring beberapa kali. Penyaringan pertama menggunakan penyaringan pasir, penyaring mikro dan pemusnahan kuman dengan ultra violet.
  7. untuk menjamin kualitas dan ketersediaan air zam zam, pemerintah Arab Saudi mendirikan Zam Zam Studies and Research Center.

Apakah air zam zam akan habis ?

sebuah pertanyaan yang sangat menantang, sebuah uji coba telah dilakukan yakni uji pemompaan sumur zam zam sebanyak 8000 liter/detik selama kurang lebih 24 jam menunjukkan tingginya air menurun dari 3,23 m dibawah tanah hingga 12,79 m, dan lalu menjadi 13,39 meter. Setelah itu tinggi air berhenti merosot. Air kembali naik ke 3,9 m dibawah tanah hanya 11 menit setelah pemompaan dihentikan. Adanya kemungkinan air yang masuk lewat lapisan tanah meuju sumur berasal dari retakan batuan di gunung gunung di sekitar Makkah, jadi air zam zam takkan pernah habis.

About these ads

57 thoughts on “keajaiban air zam zam

  1. ray mengatakan:

    Maz, lha air zam zam itu sendiri cuma mengalir di sekitar masjidil haram ato mengalir ke masyarakat mekkah juga??
    Oy, apa air jenis zam – zam napa cuma di mekkah?kalo ya, napa bisa gitu? bisa diteliti secara ilmiah kaga’?
    super super matur nuwun nggih maz/mbak…

  2. alfaroby mengatakan:

    air zam zam memang sumber nya hanya ada di kota mekkah, lebih tepatnya sekitar 50 meter dari ka’bah.
    akan tetapi karena perkembangan jaman, saat ini sumur zam zam berada di dasar tanah, yang ada hanya pipa pipa besar yang mengalirkan ke atas ke sebuah tempat penyimpanan ait zam zam, yang berada sekitar 300 meter dari masjidil haram
    bahkan diarea sekitar masjidil haram banyak tersedia air zam zam yang ditempatkan pada sebuah tempat minum khusus dan GRATIS, anda bisa sepuasnya minum, bahkan banyak para jamaah haji yang membawany untuk pulang ke Indonesia
    secara ilmiah, sumber air zam zam ada di bawah tanah. sumber air zam zam keluar melewati berbagai jenis lapisan tanah dan berbagai macam batuan yang terpendam di dalam tanah. sehingga kesemua elemen tersebut bisa dikatakan sebagai penyaring kotoran dan kuman yang terbawa sehingga air zam zam dapat dikonsumsi langsung dari sumbernya

  3. ony mengatakan:

    apakah sudah ada yang meneliti kandungan mikrobia air zam-zam dalam kemasan?kalau belum ada mau saya teliti. Jzkllh

  4. alfaroby mengatakan:

    kayaknya tuh bahan penelitian yang cukup baik
    saya turut mendukung penelitian anda

  5. bamskesmma mengatakan:

    fakta yang menarik….
    kenapa ya tidak termasuk ke dalam keajaiban dunia???

  6. alfaroby mengatakan:

    wah, kalau masalah tersebut saya kurang begitu faham

  7. anas mengatakan:

    kandungan air zam-zam ternyata setelah diselidiki memiliki mineral yang sangat baik untuk tubuh yaitu kalium yang pada kandungan air didunia manapun hanya memiliki sedikit kadar tersebut. info dari majalah hidayah.

  8. robert mengatakan:

    asal mula air zam zam, apa benar-benar tertulis di al-quran ?? atau minimal setidaknya ditulis dihadis ?? , karena kalau tidak itu hanya sekedar cerita rakyat..(kaya tangkuban perahu, malin kundang dll )

    kenapa tidak termasuk kedalam keajaiban dunia ?
    kenapa tidak boleh dilihat orang ? kecuali orang tertentu ?
    kenapa harus disaring berkali-kali ??

    mata air Kubang yang terletak di kampung Kubang Jaya, desa Babakan Pari yang berada di kaki gunung Salak, Sukabumi utara, sumber air aqua , apa termasuk keajaiban dunia ??

    gw rasa judul air zam-zam air ajaib, itu tidak tepat. tnx

    • l sheba mengatakan:

      ga ada yg maksa kamu percaya

    • aminnur99 mengatakan:

      ni dia golongan orang skeptis.
      ‘dah banyak sekali penelitian & studi tentang Air Zamzam dilakukan, bahkan oleh orang2 nonmuslim. Semuanya telah membuktikan ketinggian mutu Air Zamzam dan keluasan manfaatnya bagi kebaikan umat manusia.
      Soal asal-usul ?
      pasti nggak pernah membaca AlQuran ma riwayat Hadist. Karena nggak merasa perlu untuk mengetahuinya ‘kan..?!
      Tahu kenyataan & kebenarannya, tetapi tetap nggak mau tahu & enggan mengakuinya.
      Itulah ciri2 & sifat orang2 skeptis.

  9. YURIFA mengatakan:

    Saya pernah membaca artikel mengenai air Zam zam di pesawat Garuda , waktu saya berangkat haji, disitu dijelaskan dari hasil penelitian para pakar tingkat dunia bahwa dalam air Zam zam tiap-tiap molekulnya bisa memancarkan sinar seperti berlian yang sangat indah dibanding dengan air yang diambil dari sumber-sumber lain di seluruh dunia, disitu juga ditunjukkan foto kecemerlangan air Zam zam, disamping itu air Zam zam lebih banyak mengandung Zat zat yang sangat baik untuk tubuh, dan keistimewaan lain yang masih banyak, yang sudah dibuktikan dengan penelitian. ini kenyataan, karna yang meneliti bukan hanya orang muslim saja.
    Demikian semoga menjadi masukan yang baik

  10. rizky borne mengatakan:

    air zam-zam itu air dari surga.Mulai zaman nabi ampe sekarang ga abis-abis.Dari situ kan udah merupakan bukti kalo Islam itu benar.Harusnya peneliti-peneliti pintar tapi kafir itu sadar.Bener ga???

  11. intan mengatakan:

    ALHAMDULILAH….ALLAH MAHA AGUNG…. ini lah kebesarannya ,mengapa kita masih lagi hendak mempertikaikannya sudah tertulis didalam AL-QURAAN itu lah kebenaranya..

  12. asma mengatakan:

    Maha Kaya Allah yang maha menjadikan segala sesuatu itu..

  13. alfaroby mengatakan:

    @rizqy borne = he he he.. aku manut aja mas,,,

    @intan = maka nikmat Tuhan manakah yang kamu Dustakan

    @asma = Allah Maha Berkehendak

  14. 100 % Muslim penganut Agama Allah mengatakan:

    Klo memang air zam-zam tu benar2 ada sekarang.mohon tampilkan video dan foto air zam-zam yang sekarang.dan ini akan membenarkan kebenaran ajaran islam.klo tidak bisa maka islam masih tanda tanya………………..? coz yg boleh masuk ke area air zam-zam dan hajar aswad adalah habaib/keturunan nabi muhammad dan punya sil-silah asli.
    sebelumnya trimakasih

  15. 100 % Muslim penganut Agama Allah mengatakan:

    maksudnya sumbernya bukan airnya.hal ini akan mengupas kebenaran yang Hak

  16. tinah mengatakan:

    air zam zam memang ajaib

  17. tinah mengatakan:

    kita sebagai islam jangan harus percaya adanya air zam zam

  18. tinah mengatakan:

    kita sebagai islam harus percaya adanya air zam zam iyakan.

  19. tinah mengatakan:

    mohon maaf ya pembaca kerna sudah silap ditampilkan (jangan) adalah silap teknikal.

  20. Ahmad Abdul Gefar mengatakan:

    Tak perlu ragu lagi air zam – zam itu tidak akan habis sebelum dunia kiamat, karena Allah menjaganya.

  21. Adi mengatakan:

    Inilh kebesaran Allah swt.,

  22. ariyanto mengatakan:

    pokoknye air zam-zam top dah…

  23. syamsul mengatakan:

    Saya punya informasi teknologi dari korea yang menciptakan sebuah produk yang mampu merubah air biasa yg kita minum menjadi air yg kwalitasnya mendekati air zam-zam. Dan bisa digunakan untuk therapy penyembuhan berbagai penyakit. bagi rekan yg berminat terhadap produk tsb silahkan hubungi saya di : 0813 6915 9374 (syamsul). jzklh

  24. syamsul mengatakan:

    Saya punya informasi teknologi dari korea yang menciptakan sebuah produk yang mampu merubah air biasa yg kita minum menjadi air yg kwalitasnya mendekati air zam-zam. Dan bisa digunakan untuk therapy penyembuhan berbagai penyakit DAN SUDAH BANYAK TESTIMONINYA. bagi rekan yg berminat terhadap produk tsb silahkan hubungi saya di : 0813 6915 9374 (syamsul). jzklh

    • aminnur99 mengatakan:

      Yang menyembuhkan itu ALLAH Yang Maha Kuasa, yang menghilangkan penyakit dari sseorang tuu adalah ALLAH Yang Maha Pemurah. bukan air dan segala macam air hasil konversi atau olahan manusia.
      Air Zamzam mempunyai keluasan manfaat dan kebaikan bagi umat manusia, tergantung niat orang yg meminumnya dan kehendak Yang Kuasa sebagai karunianya kepada manusia.
      inilah salah satu bentuk dari sifatNya sebagai Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
      Tahukah anda bahwa air yang kita konsumsi sehari-hari, yang anda istilahkan sebagai ‘air biasa’ itu adalah sumber dari segala sesuatu kehidupan ? cobalah untuk membaca AlQuran
      (kalo nggak yaa baca tafsirnya).
      Itu juga kalo anda mau mengetahui yang namanya Kebenaran.

    • willy mengatakan:

      sungguh luar biasa maha suci allah

  25. kyo mengatakan:

    saya lagi minum air zam zam^^ ko rada kental gitu yah? aneh, tapi ada sugesti tersendiri buat minumnya~ mudah2n memberikan berkah, amin

  26. abby mengatakan:

    Adakah penyakit gemuruh boleh disembuhkan dengan meminum air zam-zam? Mohon penjelasan daripada sesiapa yang arif. Sudah banyak penawar saya cuba tapi masih belum berkesan. Gemuruh dan panik hingga menggigil bila berhadapan dengan orang ramai. Saya jadi terlalu takut. Saya sendiri tak tahu apa yang saya takutkan.

    • aminnur99 mengatakan:

      kalo anda muslim yaa dibanyakin shalatnya en diperbaiki kualitas nya. kalo bisa bila lagi shalat tu dilama-lama’in aja. Yang anteng ‘gituu.
      kalo anda nonmuslim yaa dibanyakin ibadahnya. bila lagi berdoa yaa dilama-lama’in waktunya.
      Bila ada rezeki berkesempatan memperoleh Air Zamzam, jangan lupa diniatkan didalam hati
      berdoa kepada yang Maha Kuasa meminta kesembuhan. minumlah Air Zamzam dengan keyakinan akan kebesaranNya. Kesehatan dan kebaikan adalah pemberian ALLAH SWT.
      Amin.

  27. AYU TRIANTINI mengatakan:

    alhamdulillah hr ini sy br mnm air zam-zam oleh-oleh dr atasan sy yg br plg dr umroh…
    Subhanallah msh diberi kesempatan utk menikmati nikmat ALLAH SWT…
    Rsnya sejuk sekali….
    mas infonya keren…
    tolong lbh dilengkapi dgn tata cara meminumnya,spti doanya dan sebagainya

  28. lia mengatakan:

    saya yakin dan pcaya air zam zam adl salah satu kbesaran allah.y coba dpikir aja.dipadang gersang gt bs muncul mata air.subahanallah

  29. i-dusdotcom mengatakan:

    berapa lama air zam zam bisa disimpan?

  30. aminnur99 mengatakan:

    Tak ada batasan lamanya Air Zamzam bisa disimpan. Selama nggak dicampur bahan ato zat2 lain, ia akan tetap seperti adanya.

  31. Bayu mengatakan:

    INTINYA AIR ZAM-ZAM ITU ADALAH AIR DARI SURGANYA ALLAH SWT

  32. emawati mengatakan:

    Mohon penjelasan lebih rinci tentang kandungan mineral dalam air zam zam.mineral apa saja yang tekandung di dalamnya.

    • bendy mengatakan:

      dalam 1 liter air zam-zam terkandung :
      * Sodium 250 mg
      * Calsium 200 mg
      * Potasium 20 mg
      * Magnesium 50mg
      * Sulphur 372 mg
      * Bicarbonat 366 mg
      * Nitrat 273 mg
      * Posphat 0,25
      * Amonia 6 mg

  33. bendy mengatakan:

    Tentang keberadaan sumur zam-zam :
    dulu sebelum tahun 1974 setiap jemaah haji/umroh bisa mengambil air zam-zam langsung dari sumurnya dgn cara berjalan turun tangga kebawah dibawah tmpt towaf skrg dan terkait dgn semakin banyaknya org yg datang haji/umroh (apalagi skrg mencapai 2,3 juta orang) dimana menyebabkan tempat towaf menjadi tdk cukup. Oleh krn itu dan dgn alasan pulalah maka pemerintah setempat melebarkan tempat towaf tsb dgn cara menutup bagian atas sumur dan ruangan sekitar sumur sehingga skrg tmpt itu mjd tdk terlihat dr luar juga atas. jadi sumur itu bukan tdk ada tp ada dan yg bs msk lgsg ksna ya petugas pengisi dan pengusung drum plastik berisi air zamzam

  34. bendy mengatakan:

    Saya punya air zam-zam yang sdh 3 tahun tersimpan dan sampai skrg tdk berubah warna dan bau

  35. bendy mengatakan:

    Kalau ada diantara saudaraku yang membutuhkan air zam-zam krn punya penyakit gemuruh
    silahkan menghubungi saya via Email, InsyaAlloh saya bersedia berbagi

  36. bendy mengatakan:

    RALAT :
    Sumur zam-zam ditutup bukan tahun 1974
    yang benar adalah tahun 1373 H atau 1953 M

  37. asma mengatakan:

    nk copy..
    tq

  38. Szarreev mengatakan:

    ada yg punya air zam2;; bagi dong saya,,,

  39. Tudung Online mengatakan:

    Does your blog have a contact page? I’m having problems locating it but, I’d
    like to shoot you an e-mail. I’ve got some recommendations for your blog you might be interested in hearing. Either way, great site and I look forward to seeing it develop over time.

  40. spanish translator mengatakan:

    You are really a magnificent writer, your sound is powerful.

  41. video blog equiptment mengatakan:

    you’re truly a just right webmaster. The web site loading velocity is incredible. It sort of feels that you’re doing any distinctive trick.
    Also, The contents are masterpiece. you’ve performed a wonderful task on this subject!

  42. bridge mengatakan:

    A wine rack should be able to go along it’s surprising nonetheless. Aerating vino reduces the tannins and takes away some of the common beaches here. Take note that you desire, rattling small-scale bets when you drink it creates a drop in your rack. Back to Vidal, it is also safe to use any paints which are not a wine carrier defeats both of these obsessives create a goodly gain.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: