pintu pintu masjidil haram

est6558.jpg est6530.jpg

est6557.jpg est6559.jpg 

secara keeluruhan ada 129 pintu di Masjidil Haram.

tersesat di Masjidil Haram ?, sebiuah kisah tentang jamaah haji yang tersesat akibat salah dalam menandai pintu Masjidil HAram, kerap kali terdengar diantara para jamah haji Indonesia bahkan jamaah haji luar Indonesia. ini terjadi dikarenakan banyaknya jumlah pintu masjid tersebut dengan bentuk yang mirip mirip. jamaah haji yang kurang mengenal pintu pintu masjidil haram memang berpeluang besar untuk tersesat.

untuk memasuki masjid tersebut, terdapat 4 pintu utama dan 45 pintu biasa yang biasanya buka selama 24 jam sehari, masing masing pintu tersebut memiliki sebuah nama, diantara pintu pintu tersebut ada yang bernama Shafa, Darul Arqam, Ali, Abbas, Nabi, BAni Syaibah, dan segalanya, pintu pintu tersebut berada di sekeliling Masjidil Haram.

dari kesemua pintu tersebut, ada 1 pintu yang paling utama, manakah itu ?

diantara pintu pintu tersebut terdapat sebuah pintu yang sangat populer dan paling utama dan biasanya sering menjadi terdapat bergerombol para jamaah yang menginginkannya untuk memasuki pintu tersebut, pintu tersebut bernama Babus Salam. dengan melalui pintu tersebut akan dapat langsung melihat ka’bah, Hajar Aswat, MAqam Ibrahim dan Hijir Ismail.

pintu sejumlah 129 buah tersebut telah dilengkapi dengan lampu penunjuk berwarna merah dan hijau, jika lampu hijau menyala, berarti di dalam masjid masih terdapat tempat yang kosong . namun, jika lampu merah menyala, berarti tak ada tempat lagi di dalam masjid, masjid tersebut juga menyediakan 50 pintu yang dikususkan bagi para penyandang cacat dan mereka yang tidak bisa berjalan.

About these ads

9 gagasan untuk “pintu pintu masjidil haram

  1. Bagus Septiardy mengatakan:

    Ass. saya dari Surabaya saya terkagum melihat artikel di atas karena saya pernah ke sana tetapi saya tidak tau kalau ada 129 pintu di sana karena saya hanya memasuki pintu babussalam dan ternyata ada 129 mungkin saya pernah berpikir kalau hanya ada 50an pintu, dan saya ingin artikel tentang masjid paling utama bagi umat muslim ditambah tentang sejarah dibangunnya dan apa saja yang ada didalamnya

  2. alfaroby mengatakan:

    memang ada 129n pintu, pintu pintu tersebut berada di sekeliling masjid, memang ada pintu yang utama, besar, tetapi ada beberapa pintu pintuyang khusus untuk jamaah yang memakai kursi roda, ada juga beberapa pintu khusus untuk jamaah haji yang ingin berada di lantai 2 dan 3 masjidil haram dengan menaiki eskalator

  3. go to loe coe mengatakan:

    mo tanya nih ama orang Arab…
    Adakah sisa-sisa tulang/gading gajah dari pasukan raja Abrahah yang menyerang ka’bah yang ditemukan di kota Mekkah?

  4. alfaroby mengatakan:

    @go to loe coe = setahuku sampai dengan saat ini aku belum pernah mendengar tentang sisa-sisa tulang/gading gajah dari pasukan raja Abrahah, ada yang tahu…..?

  5. suryaman mengatakan:

    ass wb, tahun ini Insya Allah kami akan memenuhi panggilanNya utk melaksanakan ibadah haji. Adakah yg bisa membantu utk mengirimkan peta masjidil haram beserta pintu masuknya? Saya sdh down load yg th 2003 dan jlh pintunya masih 39.T kasih atas bantuannya.

  6. atik mengatakan:

    mau tanya donk, pintu 1 itu pintu King Abdul Aziz yaaa ???

  7. Alalan Tanala mengatakan:

    subhanallah… maha kaya Dzat yang mengatur kehidupan hambaNya untuk beribadah…

  8. H.Moko Hamdan mengatakan:

    ass..
    sy baru plg dari tanah suci.memang kalo masuk ke masjid haram lebih afdhal masuk melalui pintu babussalam,karna Nabi kita dulu sering masuk lewat pintu tsb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: