masjidil haram

est6609.jpg est6567.jpg est6519.jpg est6527.jpg est6515.jpg est6506.jpg est6485.jpg est6554.jpg est6629.jpg

hingga kini Masjidil Haram tercatat mengalami sepuluh kali renovasi dan perluasan.

sampai dengan saat ini, tidak ada yang tahu persis kapan Masjidil Haram di bangun, yang saat ini tercatat dalam sejarah hanyalah renovasi dan perluasan masjid tersebut. Selain  itu, masjid tersebut dipercaya sebagai masjid tertua di dunia dan dibangun sebelum manusia diciptakan. dan yang sangat penting adalah bahwa masjid tersebut mengelilingi Ka’bah yang merupakan kiblat bagi seluruh umat islam si penjuru dunia.

timbul sebuah pertanyaan, apa sebenarnya makna “haram” itu ?

kata “haram” dipilih sebagai sebagai nama masjid tersebut bukanlah karena tanpa alasan dan iseng belaka, kata tersebut mengandung makna bahwa memang masjid tersebut diharamkan bagi umat selain Muslim, masjid tersebut juga menjadi tempat yang haram digunakan untuk menumpahkan darah.

dari sepuluh kali renovasi dan perluasan, saat ini Masjidil Haram lusanya mencapai 328.000 meter persegi, dengan area seluas itu, Masjidil Haram yang berlantai empat ini mampu menampung 914.000 jamah dalm satu kali shalat berjamaah, renovasi selama 10 kali tersebut tidak menghilangkan bentuk asli dari bangunan Masjidil Haram.

mengelilingi masjidil haram dari luar kurang lebih membutuhkan waktu 45 - 60 menit, itu pun dengan asumsi tidak berhenti melangkahkan kakinya, yang terlihat dari luar adalah sebuah bangunan yang megah dengan seluruh dindingnya dihiasi dengan keramik kualitas terbaik di dunia,

konon katanya menurut hemat saya, di negara italy dahulu terdapat pegunungan keramik berkualitas tinggi, akhirnya pemerintah arab saudi membeli seluruh keramik tersebut hingga tidak tersisa sama sekali, sehingga keramik yang ada di Masjidil Haram adalah salah satu keramik terbaik di dunia dan tiada duanya lagi di dunia ini, anda tak akan pernah melihat sebuah keramik berwarna kehijauan dengan kualitas terbaik selain di Masjidil Haram.

pada musim haji, para jamaah yang membludak tidak menutup kemungkinan untuk melaksanakan shalat di luar bangunan Manjidil Haram, jangan kira area luar Masjidil Haram sempit, anda akan menyaksikan sebuah fenomena yang menggetarkan hati nurani anda ketika sebuah shalat jamaah maghrib, imam sesudah membacakan ayat Al Fatihah, maka serentak kurang lebih 3 juta manusia dengan berbagai adat, berbagai suku, berbagai bahasa, berbagai kebudayaan, berbagai pola pikir, berbagai aktifitas, berbagai kepribadian serentak mengucapkan “amin”. merinding dan hanya mampu meneteskan air mata dari hati nurani.

  

About these ads

3 thoughts on “masjidil haram

  1. Dadang Yusuf mengatakan:

    Kita selaku muslim bangga dengan kemegahan Masjidil Haram, lebih bangga lagi apabila setiap muslim seluruh dunia bersatu, dengan pedoman :
    - Tingkatkan keimanan
    - Bangun kesatuan sesama muslim
    - Solatlah sebelum disolatkan
    - Perhatikan dan bangun lingkungan kita
    - Hujat diri kita sendiri sebelum menghujat orang lain
    - Hisab diri kita sendiri sebelum dihisab nanti

  2. alfaroby mengatakan:

    @Dadang Yusuf = aku setuju bangget tuh

  3. khabibulloh mengatakan:

    assalamu’alaikum….mas saya sedang jika di dunia ini semua orang bisa seperti mas…karena semangat mas yang besar untuk memberi informasi pada semua manusia mampu menggetarkan hati nurani,seperti saya ini….manusia yang berlumuran dosa,jelek dan di benci oleh ALLAH S.W.T tidak pantas kiranya jika berkenalan dengan mas…dan saya do’akan semoga mas akan selalu di berikan kemudahan,kesehatan,dan rezki yang banyak serta nantinya bisa menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah…amien ya robbal alamin…..salam kenal dari orang yang kotor(KHABIBULLOH)wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: